Tips Lindungi Kulit Kepala dan Rambut dari Sinar Matahari

Juli 05, 2019

Tips Lindungi Kulit Kepala dan Rambut dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari tidak hanya menyebabkan kerusakan kulit tubuh dan wajah, tetapi juga berisiko pada kulit kepala. Terpapar sinar matahari berlebih ke kulit kepala berisiko meningkatkan sel kanker, rambut rontok, dan rusak karena folikel rambut rusak. Hal inilah yang membuat menjaga kulit kepala dari sinar matahari sama pentingnya dengan kulit tubuh dan wajah. Untuk menjaga kulit kepala dari sinar matahari, kamu bisa mengikuti tips berikut:

1. Gunakan hair sunscreen

Hair sunscreen dirancang khusus sebagai tabir surya untuk kulit kepala. Kamu bisa menggunakan hair sunscreen dengan beberapa kriteria, diantaranya SPF minimal 30 dan sesuaikan dengan jenis rambut. Sun protection factor atau SPF adalah penentu seberapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari. Idealnya, kamu perlu hair sunscreen dengan SPF minimal 30 yang bisa tahan air termasuk keringat apalagi jika kamu sering beraktivitas di bawah sinar matahari atau outdoor.

Sebelum memilih hair sunscreen, baiknya kenali tipe rambut lebih dulu. Tiap jenis rambut misalnya tipis, tebal, atau botak berbeda hair sunscreen yang digunakan. Untuk tipe rambut tebal, pilih hair sunscreen dengan tekstur cair agar mudah menyerap dan tidak membuat kulit kepala berminyak. Rambut yang tipis atau botak bisa menggunakan hair sunscreen tekstur krim yang lebih pekat.

2. Topi

Menggunakan topi sebagai pelindung tambahan pada kulit kepala membantu memberikan perlindungan ekstra yang lebih maksimal. Kamu bisa menggunakan topi yang bisa memberi perlindungan UPF (Ultraviolet Protection Factor). Atau membawa topi bertepi lebar yang juga bisa melindungi kulitmu. Serta, hindari melepas topi di bawah sinar matahari. Selain topi, kamu juga bisa menggunakan hoodie (penutup kepala yang ada di jaket) untuk melindungi kulit kepala. Sebelum menggunakan topi, baiknya kamu menggunakan hair sunscreen dan aplikasikan setiap dua jam sekali.

3. Kondisioner tanpa bilas

Kondisioner tanpa bilas bisa memberikan kelembapan tambahan yang akan melindungi rambut dari efek pengeringan matahari, klorin, atau air garam. Kamu bisa mengoleskannya tipis-tipis sebelum pergi keluar, pantai, atau berenang.

4. Jauhi sinar matahari di jam terik

Jika menurut kamu repot menggunakan hair sunscreen, kondisioner tanpa bilas, atau topi, kamu bisa mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut akibat sinar matahari dengan menghindarinya di jam-jam tertentu pada saat terik. Yaitu, jam 10 pagi sampai jam 3 sore karena waktu tersebut memiliki sinar matahari paling kuat dan cenderung menyebabkan kerusakan pada helai rambut serta kulit.

5. Cuci rambut dengan nourishing conditioner

Cucilah rambut dengan menggunakan nourishing conditioner yang diformulasikan tanpa paraben dan sulfat. Ini akan membantu mengembalikan kelembapan masing-masing helai rambut kamu.




Dan juga Beauty Tips

Trik Menggunakan Makeup Sampai Habis Tak Tersisa
Trik Menggunakan Makeup Sampai Habis Tak Tersisa

Agustus 20, 2019

Menghabiskan makeup agar tak tersisa itu butuh trik. Kamu perlu lakukan ini.

Baca lebih banyak

Apakah Kulit Kering Menyebabkan Timbulnya Keriput?
Apakah Kulit Kering Menyebabkan Timbulnya Keriput?

Agustus 20, 2019

Banyak orang beranggapan bahwa kulit kering terlihat lebih berkerut dibandingkan kulit yang tidak kering.

Baca lebih banyak

4 Alasan Kamu Harus Berhenti Memakai Skin Care
4 Alasan Kamu Harus Berhenti Memakai Skin Care

Agustus 20, 2019

Lelah memakai skin care yang tak kunjung memberi kamu perubahan yang lebih baik? Hal ini terjadi mungkin saja bukan karena

Baca lebih banyak