Tips Cegah Jerawat saat Menstruasi

Agustus 26, 2019

Tips Cegah Jerawat saat Menstruasi

Saat menstruasi, sebagian perempuan mengalami masalah kulit. Masalah kulit yang dihadapi salah satunya adalah munculnya jerawat. Jerawat ini muncul karena ada perubahan hormon saat menstruasi. Meski begitu, jerawat yang muncul saat menstruasi sebenarnya bisa dicegah dengan memberi kekebalan pada kulit. Caranya dengan diet sehat yang mencakup sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan minyak esensial. Hindari junk food, makanan berminyak, dan kadar lemak berlebih.

Selain itu, penggunaan skincare tentunya juga diperlukan. Menurut Dermatolog Dr. Shyamalar Gunatheesan, gunakan skincare yang sesuai masalah kulit saat menstruasi dan jangan berlebihan menggunakannya karena munculnya jerawat dipengaruhi oleh hormon. Untuk mencegah munculnya jerawat saat menstruasi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Ketahui siklus menstruasi

Mengetahui siklus menstruasi, kamu bisa tahu apakah termasuk wanita yang rentan berjerawat, kulit kering, atau menjadi sensitif. Bila sering mengalaminya, maka kamu bisa melakukan perawatan ekstra sebelum menstruasi agar kulit tidak menimbulkan masalah.

2. Rutin bersihkan kulit

Untuk melindung kulit dari risiko jerawat saat menstruasi, kamu perlu rutin merawat kulit setiap harinya. Misal, menghapus makeup dengan retinoid topikal yang lembut atau mengandung AHA. Kamu juga perlu melakukan double cleansing selama siklus menstruasi. Serta, lakukan eksfoliasi yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi sebum (minyak) setiap dua kali seminggu. Pastikan tubuh juga tetap terhidrasi.

3. Lembabkan kulit

Selama menstruasi, kulit bisa menjadi kering, sensitif, hingga berjerawat maka jangan lupa untuk melembabkan kulit. Meski jerawatan, pelembab tidak boleh tertinggal. Sebab, pelembab berfungsi mengunci kelembapan alami wajah sehingga dapat mengontrol minyak alaminya. Sebagian perempuan biasanya menggunakan pelembab ringan di siang hari dan pelembab untuk mengatasi masalah kulit di malam hari. Gunakan pelembab sesuai kebutuhan dan lihat perubahan kulitmu selama menstruasi.

4. Rutin lindungi kulit

Disarankan untuk selalu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan serum yang mengandung niacinamide karena berfungsi menenangkan, anti inflamasi, mengecilkan pori, menghilangkan noda, dan melembabkan kulit. Serum yang mengandung kandungan tersebut bisa digunakan di pagi hari karena tidak membuat kulit sensitif saat terkena sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan serum yang mengandung retinoid atau retinol yang bekerja seperti AHA dalam mengangkat sel kulit mati pada malam hari. Retinol bisa mengecilkan kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Ditambah, jangan lupa gunakan sunscreen di pagi hari.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak