Tips Bercukur Saat Sedang Berjerawat Bagi Laki-laki

Agustus 27, 2019

Tips Bercukur Saat Sedang Berjerawat Bagi Laki-laki

          Galau saat harus mencukur tapi sedang berjerawat? Bagi laki-laki hal ini menjadi cukup serius karena ingin menghindari rasa sakit jika jerawat terkena pisau cukur. Kulit yang berjerawat memang menjadi lebih rentan iritasi sehingga lebih sulit mencukur saat berjerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Bersihkan kulit wajah
          Jerawat berkembang karena adanya bakteri dan kotoran di kulit. Supaya kamu terhindar dari perkembangan jerawat yang lebih lagi, kamu harus memastikan bahwa kulitmu sudah bersih dari segala kotoran dan residu sebelum kamu bercukur. Gunakan sabun wajah yang lembut dan anti bakteri.

2. Hangatkan wajah
          Menghangatkan wajah sebelum bercukur membuat folikel rambut lebih lentur dan gampang dicukur. Saat kamu mencuci wajah, kamu bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya atau kamu bisa menggunakan handuk yang hangat dan biarkan menempel di wajah beberapa menit sebelum bercukur.

3. Gunakan krim cukur
          Supaya rambut tercukur sempurna, gunakan krim atau gel cukur untuk membantu mengangkat rambut sehingga rambut tidak miring dan dapat tercukur dengan sempurna. Jika kamu memiliki jerawat yang parah, pastikan kuas krim cukur yang kamu pakai bersih dan cocok dengan jenis kulitmu.

4. Pakai pisau cukur bilah satu
          Meskipun mencukur dengan pisau cukur bilah dua menjadi lebih bersih, menggunakannya saat berjerawat bisa menimbulkan masalah. Pisau cukur yang menggerus kulit terus menerus dapat membuat jerawat semakin lama untuk sembuh. Sebaiknya kamu menggunakan pisau cukur bilah satu atau gunakan pisau cukur elektrik.

5. Pastikan memakai pisau cukur bersih
          Tanpa kamu sadari, pisau cukur yang kamu pakai menampung sel-sel kulit mati, sisa krim cukur dan bakteri. Semua residu ini juga membuat pisau cukur menjadi tumpul seiring waktu. Jika kamu menggunakan pisau cukur yang kotor dan tumpul, iritasi akan lebih mungkin terjadi dan membuat jerawat menjadi lebih parah. Bilas pisau cukur sampai bersih atau gunakan alkohol untuk membersihkannya. Simpan pisau cukur di luar kamar mandi untuk menghindarinya dari suhu lembab.

6. Saat mencukur di daerah berjerawat
          Jika memungkinkan, hindari menggunakan pisau cukur langsung di atas jerawat. Ini dapat menyebabkan bakteri menyebar dan dengan mudah menyerang kulit yang baru dicukur.

7. Jangan terlalu sering mencukur
          Terlalu sering mencukur dapat membuat kulit menjadi iritasi dan mendorong produksi minyak yang lebih banyak. Istirahatkan kulit dari kegiatan bercukur dan jaga keseimbangan kulit agar tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak