Tips Atasi Bau Badan yang Menyengat

September 26, 2019

Tips Atasi Bau Badan yang Menyengat

Masalah bau badan menjadi hal paling mengganggu. Tidak hanya menganggu diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain yang ada di sekitar kamu. Masalah bau badan ini biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor, diantaranya, genetik, kelenjar aktif, hingga iritasi antara produksi kelenjar dan bakteri.

Bau badan terjadi karena tubuh dilapisi kulit yang memiliki kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ini berfungsi menjaga suhu tubuh tetap normal. Kelenjar ekrin menutupi sebagian besar kulit tubuh, sedangkan kelenjar apokrin terdapat pada area kulit yang ditumbuhi rambut seperti selangkangan, ketiak, dan sekitar payudara.

Saat suhu tubuh meningkat, kelenjar keringan akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat aprokin mengandung lemak dan mudah diurai oleh bakteri dibanding keringat kelenjar ekrin berbasis air. Hal inilah yang menyebabkan daerah ketiak, selangkangan, hingga sekitaran payudara mengeluarkan bau tidak sedap. Cara menghilangkan bau badan menyengat sebenarnya beragam, misalnya menghindari makanan tertentu, melakukan perawatan kulit, dan beberapa hal lainnya yang bisa kamu ikuti tipsnya.

1. Pakai deodoran

Deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak. Kulit ketiak jadi lebih asam sehingga mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan antiperspiran. Produk yang mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex bisa memblokir kelenjar aprokin untuk memproduksi keringat.

2. Jaga kebersihan tubuh

Kurang menjaga kebersihan tubuh bisa menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap terutama pada ketiak. Terapkan mandi dua kali sehari, gunakan sabun, dan gosok kulit hingga bersih untuk menghilangkan bakteri sekitar ketiak dan bagian tubuh lainnya. Keringkan tubuh untuk mencegah bakteri berkembang biak dengan cepat.

3. Pakaian yang tepat

Jika kamu mudah berkeringat, maka pilih pakaian berbahan dari serat alami seperti katun. Katun membuat kulit bernapas dan menyerap keringat lebih baik dibanding wol dan poliester. Selain itu, cucilah baju hingga bersih, menambahkan pewangi, dan menjemurnya di bawah sinar matahari karena bisa mematikan bakteri. Simpan di tempat yang bersih dan kering. Hindari penggunaan pakaian yang masih basah karena menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak.

4. Perhatikan makanan

Perhatikan makanan yang kamu makang, hindari bawang-bawangan, makanan pedas dan panas, serta minuman beralkohol karena makanan tersebut dapat menyebabkan bau badan menyengat.

5. Hindari obat tertentu

Penyebab bau badan bisa karena obat tertentu, misalnya hipertensi atau antidepresan. Kamu bisa konsultasikan ke dokter untuk mengatasi masalah ini.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak