Ternyata Ini Lho Bahaya Suntik Pemutih Kulit!

Oktober 14, 2019

Ternyata Ini Lho Bahaya Suntik Pemutih Kulit!

          Kulit yang cerah dan indah merupakan dambaan wanita terutama di Asia. Berbagai cara diterapkan untuk mencerahkan wajah, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode suntik pemutih kulit. Suntik pemutih kulit dipercaya dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, bintik-bintik gelap serta bekas jerawat sehingga kulit akan lebih cerah. Suntikan pemutih kulit juga dipakai untuk menyamarkan kerutan dan garis-garis halus di wajah sehingga menyuntik pemutih kulit dinilai merupakan solusi yang sangat baik bagi kulit.

          Salah satu bahan sintetis suntik pemutih kulit yang paling populer digunakan untuk mencerahkan kulit adalah glutathione. Namun, bahan kimia ini tidak sepenuhnya bagus untuk kesehatan kulit. Banyak kasus yang terkait dengan bahaya dari glutathione seperti luka bakar dan keracunan merkuri. Ketika ditangani oleh non-profesional, perawatan pemutihan kulit ini dapat menimbulkan beberapa efek samping berbahaya seperti :

1. Menimbulkan Masalah Kesehatan Lebih Banyak
          Menyuntikan zat pemutih hasilnya tidak selalu rata di kulit. Pada beberapa kasus, hasil suntik pemutih kulit berakhir dengan bercak hipopigmentasi (beberapa area kulit menjadi lebih terang dari warna kulit normal) pada kulit. Suntikan yang tidak steril juga menyebabkan mikroorganisme masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi jika tidak dirawat dengan benar. Akibat suntikan pemutih, terdapat juga risiko disfungsi/gagal ginjal. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kemungkinan kamu akan mengalami ruam dan gatal-gatal di kulit.

2. Penyebab Kanker
          Glutathione mengandung hydroquinone, yang merupakan senyawa karsinogenik (bersifat memicu kanker). Suntikan pemutih kulit membuat kulit lebih rentan terhadap sinar UV. Karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya berSPF 50 ketika menggunakan produk skin care yang mengandung hydroquinone. Kamu harus memperhatikan setiap nama kandungan di label produk untuk menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari karena dapat mengarah pada kanker kulit.

3. Mempengaruhi Kondisi Alami Tubuh
          Tubuh manusia sebenarnya menghasilkan glutathione sendiri. Menyuntikkan glutathione buatan ke aliran darah dapat menyebabkan tubuh berhenti memproduksinya secara alami, sehingga pada akhirnya kulit akan bergantung pada suntikan ini. Selain itu, kemungkinan kamu terkena kanker kulit akan meningkat secara drastis karena menyuntikkan zat sintetis ke dalam tubuh.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak