Tanpa Mahal, Ini Perawatan Kulit Berminyak di Rumah

Agustus 02, 2019

Tanpa Mahal, Ini Perawatan Kulit Berminyak di Rumah

Setiap kulit wajah sebenarnya memiliki minyak di dalamnya sebagai pelindung dan pelembab alami. Namun, jika terlalu banyak maka memicu jerawat muncul. Jika kulitmu memproduksi minyak berlebih maka tak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan rutin di rumah. Sehingga, tidak perlu mahal dan repot dalam mengatasi kulit berminyakmu.

1. Cuci wajah dengan benar

Merawat kulit berminyak paling dasar adalah dengan mencuci wajah dengan air hangat. Air hangat dapat mengangkat minyak berlebih daripada suhu normal. Gunakan produk pembersih wajah cair atau batangan. Sabun batang lebih efektif untuk mengontrol kulit berminyak. Yang penting adalah hindari produk pembersih yang mengandung pelembab. Pilih produk antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau triclosan. Zat ini mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Gunakan produk pembersih yang mengandung AHA, seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA membantu mengangkat sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori-pori.

2. Toner

Setelah mencuci wajah, jangan lupa gunakan toner. Kamu bisa menggunakan toner buatanmu sendiri. Salah satunya toner daun mint. Kamu bisa rendam daun mint dengan air mendidih, biarkan selama 30 menit, kemudian saring dan ambil cairannya. Setelah dingin, oleskan merata ke seluruh wajah. Kamu bisa menyimpan cairan tersebut selama tiga sampai lima hari di dalam kulkas.

3. Scrub

Scrub membantu menyerap minyak dan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kamu bisa menggunakan scrub berbahan alami yang dibuat di rumah. Misalnya, menggunakan oatmeal. Ambil dua sendok teh oatmeal dan campurkan dengan minyak witch hazel agar menjadi kental. Pijat wajah dengan lembut, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Masker

Kamu perlu menggunakan masker wajah anti minyak. Diantaranya menggunakan telur putih atau apel. Masker telur putih diyakini dapat mengencangkan kulit dan menyerap minyak. Kamu bisa campurkan satu sendok teh madu dengan putih telur, lalu aduk rata. Oleskan masker ke seluruh wajah, biarkan kering 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Sementara, apel digunakan sebagai masker antiminyak. Masukan apel ke dalam panci, didihkan dan hancurkan apel. Lalu, tambahkan satu sendok teh jus lemon dan minyak lavender, atau minyak peppermint. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 5 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

5. Pilih makeup yang benar

Jika kamu pengguna makeup dan kulit berminyak, maka gunakan bedak loose face powder. Sediakan pula blotting papper untuk menyerap minyak di wajah. Jangan lupa makeup secara minimalis agar tidak menyumbat pori-pori.




Dan juga Beauty Tips

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat

Agustus 20, 2019

Jerawat sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Baca lebih banyak

Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari
Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari

Agustus 20, 2019

Rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari itu berbeda. Sebab, penggunaan skincare itu harus sesuai yang dibutuhkan kulit.

Baca lebih banyak

Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya
Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya

Agustus 19, 2019

Bintang baru di dunia skincare, Polyglutamic acid. Kandungan skincare ini jauh lebih ampuh dibanding klan acid lainnya.

Baca lebih banyak