Tangkal Kanker dengan Makanan Kaya Antioksidan Flavonoid!

September 24, 2019

Tangkal Kanker dengan Makanan Kaya Antioksidan Flavonoid!

          Agar kamu dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker akibat radikal bebas, kamu membutuhkan asupan antioksidan. Salah satu antioksidan yang penting bagi tubuh adalah flavonoid. Mengonsumsi makanan yang kaya kandungan flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker. Manfaat flavonoid akan lebih kuat pada orang yang mengonsumsi alkohol dan perokok aktif. Uniknya lagi, flavonoid juga dapat mencegah osteoporosis dan diabetes lho!

          Flavonoid terbagi menjadi enam subkelompok, yaitu flavonol, flavon, isoflavon, flavanon, chalcone dan anthocyanin. Yuk kita bahas satu persatu!

1. Flavonol
          Flavonol adalah subkelompok flavonoid terbesar dan paling terkenal. Flavonol dapat memperbaiki kerusakan oksidatif pada tubuh yaitu penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dan banyak kanker.

Makanan yang kaya akan flavonol termasuk:

  • Beri
  • Tomat
  • Bawang
  • Kubis
  • Apel
  • Ceri
  • Brokoli
  • Anggur
  • Teh hijau

2. Flavon
          Salah satu manfaat dari flavon adalah sifat anti-inflamasinya yang mencegah penyakit seperti obesitas, diabetes, dan kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa flavon dan flavonol bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Makanan yang kaya akan flavon antara lain:

  • Seledri
  • Brokoli
  • Paprika hijau
  • Wortel
  • Minyak zaitun
  • Peterseli
  • Oregano
  • Dandelion
  • Permen
  • Rosemary
  • Teh chamomile


3. Isoflavon
          Isoflavon telah ditemukan dapat memblokir estrogen yang dapat menyebabkan kanker payudara, kanker serviks dan kanker prostat.

Makanan yang kaya isoflavon termasuk:

  • Kedelai (dan produk kedelai seperti tahu)
  • Kecambah Alfalfa
  • Kacang kacangan
  • Legum


4. Flavanon
          Flavanon adalah antioksidan yang bersifat anti-inflamasi, dan telah terbukti menurunkan kolesterol.

Makanan yang kaya akan flavanon termasuk:

  • Anggur
  • Jeruk
  • Lemon
  • Jeruk nipis


5. Chalcones
          Kata chalcone berasal dari kata Yunani "chalco," yang berarti tembaga, dan merupakan indikator warna beberapa sumber alami flavonoid. Chalcone juga disukai karena potensinya yang dapat menghentikan perkembangan kanker

Makanan yang mengandung chalcone antara lain:

  • Produk gandum
  • Licorice
  • Bawang merah
  • Kentang
  • Tomat
  • Buah pir
  • Stroberi


6. Anthocyanin
          Anthocyanin adalah adalah antioksidan yang dapat mempertahankan kesehatan jantung, kesehatan otak, peningkatan penglihatan, bersifat anti diabetes, anti obesitas, anti inflamasi dan perlindungan dari kanker.
 
Makanan yang kaya anthocyanin yaitu:

  • Beri
  • Anggur
  • Ubi jalar
  • Plum
  • Ceri

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak