Tanda-tanda Kamu Harus Menyudahi Makan Pedas

Juli 15, 2019

Tanda-tanda Kamu Harus Menyudahi Makan Pedas

1. Kamu merasa panas di perut
          Rasa panas di perut atau mulas dapat terjadi ketika asam lambung kamu naik. Selain itu, banyak makanan pedas ternyata mengandung senyawa bernama capsaicin, yaitu zat yang memperlambat laju pencernaan. Karena inilah makanan akan lebih lama tinggal di perut kamu dan meningkatkan risiko panas di perut dan rasa mulas.

2. Kamu sakit tenggorokan atau kehilangan suara
          Makan makanan pedas dapat menyebabkan pita suara kamu ‘terbakar’, membuat suara kamu menjadi serak. Selain itu mengonsumsi makanan pedas secara terus menerus bisa saja menimbulkan iritasi pada tenggorokan yang mengarah pada hilangnya kualitas suara yang normal.

3. Kamu mulai memiliki gejala gastritis akut
          Gastritis akut dapat terjadi ketika lapisan perut kamu meradang dan dapat disebabkan oleh makan makanan pedas. Kebanyakan orang mengalami gastritis akut, yang artinya datang tiba-tiba dan bersifat sementara. Gejalanya meliputi mual, muntah, dan rasa kenyang di perut bagian atas setelah makan. Untuk menghindari radang perut ini, cobalah mengurangi jumlah makanan pedas yang kamu makan.

4. Kamu mulai banyak berkeringat
          Berkeringat setelah makan makanan pedas adalah respons yang normal. Ini adalah cara tubuh kamu untuk mendinginkan diri karena badan terlalu kepanasan. Namun jika kamu terlalu banyak berkeringat, tentu akan membuat kamu tidak nyaman setiap kali memakan makanan pedas. Apalagi jika keringatmu menyebabkan bau badan.

5. Kamu mengalami break out
          Makanan pedas dapat menimbulkan iritasi kulit yang serius dan menyebabkan break out pada kulit. Setelah makan pedas, suhu tubuh naik dan menghasilkan keringat, yang memicu banyaknya minyak terproduksi dari kulit. Kotoran dan bakteri akan terjebak dalam minyak itu dan memperburuk kondisi kulit seperti munculnya jerawat.

6. Kamu mengalami diare
          Diare dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung minyak, bahan tiruan, dan rempah-rempah. Faktanya, bumbu pedas adalah salah satu pemicu diare. Capsaicin dalam beberapa makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung atau usus, yang mungkin memiliki efek pencahar pada beberapa orang karena makanan akan dengan cepat berjalan melalui sistem pencernaan.

7. Kamu butuh permen pewangi mulut
          Bawang putih dan bawang merah pada sambal atau makanan pedas lainnya adalah penyebab bau mulut. Ketika kamu mengalami mulas, isi perut kamu akan naik kembali ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan gas berbau tidak sedap keluar dari mulut.

8. Kamu menderita insomnia
          Karena makanan pedas dapat menyebabkan mulas, kondisi ini dapat memburuk ketika kamu mencoba untuk tidur. Membaringkan tubuh membuat asam lambung lebih mudah naik dan membuat kamu mulas. Rasa tidak nyaman akibat mulas ini yang dapat membuat kamu sulit untuk tertidur.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak