Tak Selamanya Buruk, Ini Fakta Alkohol dalam Skincare

Oktober 15, 2019

Tak Selamanya Buruk, Ini Fakta Alkohol dalam Skincare

Alkohol mungkin menjadi salah satu kandungan skincare yang wajib dihindari. Sebab, alkohol bisa menimbulkan reaksi negatif terhadap kulit misalnya membuat kering apalagi jika kulitnya sensitif. Faktanya, tidak semua jenis alkohol dalam skincare seperti itu. Alkohol justru membantu jika digunakan sebagai salah satu kandungan skincare.

1. Tidak membuat kulit terbakar atau menyengat

Ada berbagai jenis alkohol yang berbeda. Biasanya alkohol dalam skincare terbukti aman digunakan untuk kulit wajah. Alkohol adalah molekul yang memiliki gugus hidroksil. Hidroksil merupakan atom oksigen yang terikat pada atom hidrogen dan ditemukan pada sejumlah besar molekul organik. Struktur alkohol yang berbeda ini menentukan setiap jenisnya bereaksi di kulit wajah.

2. Untuk membuat produk tahan lama dan menyerap lebih muda

Bukan hal baru bagi skincare menggunakan alkohol sebagai pelarut atau pengemulsi. Alkohol dengan berat molekul rendah berfungsi sebagai pelarut, mendorong kandungan lainnya dalam skincare tidak larut dalam air dan membuat tekstur suatu produk skincare. Selain itu, alkohol membuat produk skincare terasa lebih ringan di kulit wajah, terutama jika kamu memiliki jenis kulit berminyak.

3. Melembabkan

Alkohol dengan berat molekul tinggi dapat menjaga emulsi minyak dan air tetap terpisah dan membantu lapisan kulit luar terasa lebih halus dan lembut. Biasanya, alkohol ini berasal dari asam lemak dalam minyak nabati. Berkat teksturnya yang tebal, alkohol ini juga dapat digunakan sebagai pelembab untuk melindungi kulit dan meningkatkan penghalang lipid alami.

4. Alkohol bikin iritasi

Alkohol dapat memecah lipid pada penghalang luar kulit. Beberapa jenis alkohol dalam skincare cenderung membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi. Jika, alkohol dalam skincare terlalu banyak atau terlalu sering digunakan. Namun, akan aman digunakan jika masih dalam kadar wajar pemakaian.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak