Suka Menggigit Kuku? Ini Bahayanya!

Oktober 11, 2019

Suka Menggigit Kuku? Ini Bahayanya!

          Onychophagia atau menggigit kuku adalah kebiasaan yang cukup umum dilakukan. Walaupun kebiasaan ini biasanya disebabkan oleh stres, gelisah, gangguan obsesif kompulsif (OCD), atau sekadar bosan, kebiasaan menggigit kuku lebih berbahaya daripada yang kamu kira. Tanpa disadari, menggigit kuku dapat mengundang bakteri atau infeksi jamur untuk masuk ke dalam tubuh dan aliran darah. Lalu apa saja bahaya menggigit kuku bagi tubuh? Ini dia jawabannya!

1. Banyak Kuman di Bawah Kuku
          Masalah utama dari kebiasaan menggigit kuku adalah terdapat banyak kuman di bawah kuku. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka menggigit kuku memiliki bakteri E. Coli di dalam tubuhnya lebih banyak sehingga menyebabkan masalah lambung, diare dan lebih banyak lagi. Bakteri yang paling umum yang bersembunyi di bawah kuku kita adalah bakteri Staphylococcus, Strep, dan Coryneform, yang dapat masuk ke tubuh melalui luka di kulit kita atau dari menelannya setelah menggigit kuku.

2. Menggigit Kuku Bisa Menyebabkan Flu
          Lebih dari 200 virus flu menyebar setiap saat. Meskipun virus flu bisa masuk ke tubuh karena sistem kekebalan tubuh yang lemah, virus yang menyebabkan flu juga berkembang di kulit. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air (atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol), dan mencegah menggigit kuku dengan mengunyah permen karet.

3. Menggigit Kuku Membuat Jari Lebih Rentan Infeksi
          Karena menggigit kuku bisa memindahkan bakteri dari tangan ke mulut, akan timbul masalah yang lebih besar saat kamu terlalu ekstrem menggigit kuku. Jika kuku jari kamu sampai terbuka, ada suatu kondisi yang disebut paronychia kronis yang merupakan jenis infeksi yang terjadi ketika ada air mata dan bukaan pada kuku. Hal ini memungkinkan bakteri dan jamur untuk masuk ke dalamnya dan bisa sangat menyakitkan. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan kerusakan permanen jika kamu menggigit terlalu jauh dan melukai pelat kuku. Ini mencegah kuku tumbuh dengan benar dan dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam atau rusak.

4. Menggigit Kuku Merusak Gigi
          Menggigit kuku juga bisa merusak gigi dan gusi. Seiring waktu, kebiasaan menggigit kuku dapat mengikis, merusak gigi depan, berpotensi menyebabkan sakit gusi dan kerusakan jaringan gusi. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu benar-benar berhenti menggigit kuku. Jika sulit, periksa dengan dokter gigi dan minta pelindung mulut untuk membantu kamu berhenti menggigit kuku.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak