Suka Makan Es Batu? Baca Dulu Dampak Buruknya!

November 15, 2019

Suka Makan Es Batu? Baca Dulu Dampak Buruknya!

          Menyeruput minuman segar yang dicampurkan dengan es batu kemudian mengunyah es tersebut merupakan hal yang menyegarkan. Mungkin makan es batu merupakan salah satu kegiatan favoritmu di kala cuaca sedang panas, namun kamu mungkin juga tidak sadar tentang dampak buruknya. Kebiasaan mengunyah es batu ini memiliki istilah medis pagophagia yang berarti kebiasaan mengunyah es, salju atau air es secara kompulsif.

          Pagophagia adalah bagian dari pica. Pica sendiri adalah gangguan makan di mana orang secara kompulsif makan satu atau lebih makanan yang bukan makanan. Contohnya yaitu seperti es batu, tanah liat, kertas, abu, atau kotoran. Pica sebenarnya adalah gangguan mental. Pica sering terjadi bersamaan dengan kondisi kejiwaan serta kecacatan intelektual lainnya dan dapat berkembang selama kehamilan.

          Beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan orang sangat membutuhkan es seperti anemia (kekurangan zat besi). Orang dengan anemia tidak memiliki cukup zat besi dalam darah mereka. Zat besi sangat penting untuk membangun sel darah merah yang sehat. Tanpa zat besi, sel-sel darah merah tidak dapat membawa oksigen seperti yang seharusnya. Beberapa peneliti percaya bahwa mengunyah es memicu efek khususnya pada orang dengan anemia yaitu mengirim lebih banyak darah ke otak. Lebih banyak darah di otak berarti lebih banyak oksigen di otak. Karena otak terbiasa kekurangan oksigen, lonjakan oksigen ini dapat menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan kejernihan berpikir.

          Beberapa dampak buruk yang terjadi akibat kebiasaan mengunyah es batu antara lain:

  • Masalah Gigi

          Seiring berjalannya waktu, kebiasaan makan es akan merusak enamel gigi. Enamel gigi adalah lapisan paling luar dari gigi yang paling kuat untuk melindungi gigi dari kerusakan. Apabila enamel terkikis, gigi bisa menjadi sangat sensitif terhadap panas atau dingin dan risiko gigi berlubang juga meningkat.

  • Komplikasi yang Disebabkan oleh Anemia

          Jika anemia tidak diobati, penyakit ini bisa menjadi parah. Masalah yang dapat timbul karena anemia antara lain yaitu masalah jantung, termasuk pembesaran jantung dan gagal jantung, masalah selama kehamilan, termasuk kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah serta gangguan perkembangan dan pertumbuhan fisik pada bayi dan anak-anak.

  • Komplikasi yang Disebabkan oleh Pica

          Pica adalah kondisi yang sangat berbahaya. Pica dapat mengakibatkan banyak komplikasi. Tergantung pada apa yang dimakan, pica dapat menyebabkan masalah di usus, keracunan, infeksi, usus berlubang/sobek, dan tersedak.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak