Skincare Rutin Pagi dan Malam Hari untuk Kulit Berminyak

Oktober 15, 2019

Skincare Rutin Pagi dan Malam Hari untuk Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak tampak mengilap di wajah tentu membuat aktivitas tidak terasa nyaman. Menurut ahli dermatologi Paul Ellis, jenis atau kondisi kulit biasanya bersifat genetik baik kulit berminyak maupun kering. 

Kulit berminyak disebabkan wajah memproduksi sebum yang berlebihan. Belum lagi paparan sinar ultraviolet, polusi udara, dan penggunaan kosmetik tertentu yang memperburuk kondisi kulit. Kebiasaan menggosok wajah berlebih, kualitas tidur yang buruk, melakukan diet, hingga stres juga bisa menyebabkan kulit berminyak.

Stres menyebabkan hormon tidak seimbang dan memengaruhi kesehatan kulit. Jika kulitmu berminyak disebabkan oleh stres, maka atasi stresnya lebih dulu. Misal, dengan cara bersantai, olahraga, atau meditasi. 

Ahli dermatologi David Jack menyarankan, perhatikan pula asupan makanan harian. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan dan makanan berbasis hewani juga terbukti mengurangi produksi sebum. Ditambah, dengan rutinitas pemakaian skincare rutin pada pagi dan malam hari. Skincare rutin pada pagi dan malam hari yang perlu dilakukan untuk kulit berminyak adalah:

Pagi Hari

1. Bersihkan wajah

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuaikan dengan jenis kulit kamu. Gunakan air hangat untuk membuka pori-pori. Lalu, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

2. Pelembab

Pelembab yang digunakan haruslah ringan serta non-comedogenic untuk meminimalkan kemunculan pori-pori.

3. Serum

Pakai serum berbasi asam hialuronat. Senyawa ini dipercaya dapat menghidrasi kulit dari dalam dan mendorong regenerasi sel kulit mati.

Malam Hari

Perawatan malam hari berperan penting membuat kulit tetap sehat. Malam hari adalah waktu sel kulit memperbaharui dan memperbaiki dirinya. Disarankan menggunakan produk berbahan, seperti retinol dan bersifat anti-inflamasi. Ikuti langkahnya:

1. Bersihkan wajah

Membersihkan wajah di malam hari membutuhkan effort lebih dari pagi hari. Bersihkan wajah dengan cara metode double atau triple cleansing. Lalu, bilas dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan tutup pori-pori menggunakan air dingin.

Setelah mencuci, disarankan menepuk kulit wajah dan membiarkannya sedikit basah hingga kering secara alami. Hindari kebiasaan menggosok kulit wajah terlalu kencang karena dapat mendorong produksi minyak berlebih.

2. Krim malam

Gunakan krim malam berbahan retinol untuk mendorong regenerasi sel kulit mati. Selain itu, retinol juga mengontrol produksi sebum untuk kulit berminyak.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak