Selasih, Si Biji Kecil yang Punya Manfaat Luar Biasa

Oktober 21, 2019

Selasih, Si Biji Kecil yang Punya Manfaat Luar Biasa

          Mirip dengan chia seed, biji selasih seringkali kamu temukan dalam campuran es buah. Selasih atau tanaman kemangi adalah tanaman asli India. Biji berwarna hitam ini kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak esensial serta kaya akan serat. Uniknya lagi, selasih tidak mengandung kalori. Karena kaya akan antioksidan, biji selasih membantu mengontrol diabetes dan juga baik untuk kulit. Namun kamu jangan memakan selasih secara mentah karena biji kecil ini sulit untuk dikunyah. Kamu dapat mengolahnya dengan merendamnya dalam air sampai mengembang. Manfaat lain dari selasih yaitu :

1. Membantu Penurunan Berat Badan
          Selasih dikenal kaya akan asam alfa-linolenat (ALA). Asam ini membantu meningkatkan metabolisme pembakaran lemak dalam tubuh. Serat yang tinggi dalam selasih juga menjaga perut menjadi kenyang lebih lama. Selasih bagus bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Tambahkan sedikit selasih ke dalam yogurt atau salad buah sebagai camilan untuk mengendalikan nafsu makan.

2. Mengurangi Panas Tubuh
          Cuaca yang panas membuat tubuh menjadi panas dan kekurangan cairan. Kamu dapat memanfaatkan selasih sebagai pendingin tubuh dan menyegarkan. Campurkan selasih dengan air, gula atau madu dan minum saat kamu merasa kepanasan!

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
          Selasih juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat membantu menjaga kadar gula darah. Kamu bisa bisa mencampur biji selasih yang sudah direndam dalam segelas susu dan makanlah saat sarapan.

4. Meredakan Sembelit dan Kembung
          Biji selasih diketahui secara alami mendetoksifikasi tubuh dan mengatur pergerakan usus halus. Selasih mengandung minyak atsiri yang membantu dalam melepaskan gas dari saluran pencernaan dan membantu melancarkan pencernaan. Kamu dapat  minum segelas susu yang ditambahkan selasih sebelum tidur setiap hari untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Kulit dan Rambut Lebih Sehat
          Biji selasih ternyata dapat membantu mengobati beberapa penyakit infeksi kulit seperti eksim dan psoriasis. Cukup hancurkan biji selasih yang kering dan campurkan dengan secangkir minyak kelapa. Hangatkan kedua bahan ini selama beberapa menit sebelum dioleskan ke area yang diinginkan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak