Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!

Juli 16, 2019

Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!

          Banyak metode diet yang menyarankan untuk mengganti makanan biasa dengan makanan kaya serat. Memang benar, namun ada rasa tidak puas dan tetap kelaparan setelah menjalankan diet. Rasa tidak puas ini berujung pada ‘cheating day’ yang dilakukan secara totalitas, dan malah berdampak buruk pada hasil diet yang sudah dijalankan. Kini ada metode diet baru bernama satiating diet. Apa itu?

          Sesuai namanya, satiating diet merupakan diet yang memicu rasa kenyang atau puas setelah makan. Satiating diet mengutamakan makanan yang berguna untuk meningkatkan metabolisme, mengurangi lemak tubuh, dan menurunkan gula darah. Tentu saja buah-buahan dan sayuran yang penuh air akan masuk dalam satiating diet. Selain itu makanan dengan protein tanpa lemak, seperti ikan dan yogurt, biji-bijian yang tinggi serat dan lemak nabati yang sehat, seperti alpukat dan kacang-kacangan juga masuk dalam daftar makanan satiating diet. Uniknya, satiating diet juga menggunakan cabai sebagai makanan diet lho! Hal ini dikarenakan cabai mengandung capsaicin yaitu senyawa yang terbukti mengekang nafsu makan dan mempercepat metabolisme.

          Sebuah studi di tahun 2017 oleh Laval University di Quebec, Kanada,
meneliti pria gemuk yang melakukan diet. 34 pria mengikuti satiating diet, yaitu mengonsumsi 20-25% kalori dari protein, 45-50% dari karbohidrat, dan 30-35% dari lemak selama 16 minggu. Penelitian juga diuji kepada 35 pria gemuk lainnya yang mengikuti diet standar dengan mengonsumsi protein 10-15%, karbohidrat 55-60%, dan 30% lemak.

          Para pria yang menjalani satiating diet kehilangan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan, dan mereka mengalami perasaan kenyang yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet standar. Bahkan 44,1% pria yang melakukan satiating diet tetap melanjutkan diet tersebut, dibandingkan 8,6% pria yang berhenti melakukan satiating diet.

Untuk memulai satiating diet, kamu harus mengonsumsi makanan harian sebagai berikut:
  • setidaknya 4 porsi sayuran dan buah-buahan
  • 5 porsi serat gandum berserat tinggi (dengan setidaknya 4 g serat per porsi)
  • protein tanpa lemak dalam setiap makanan (daging, unggas, ikan, telur, produk susu, atau tahu)
  • kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan lemak nabati sehat lainnya
  • setidaknya satu kali makan polong-polongan per minggu
  • konsumsi cabai atau paprika merah

Tertarik memulainya, Ladies? Yuk share dengan temanmu! :)




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak