Perbedaan Tahi Lalat, Bintik Gelap dan Tanda Lahir Pada Wajah

September 27, 2019

Perbedaan Tahi Lalat, Bintik Gelap dan Tanda Lahir Pada Wajah

          Tahi lalat, bintik gelap, dan tanda lahir mungkin tampak serupa, namun ternyata ketiganya sangat berbeda. Menurut dokter kulit, bintik gelap biasanya merupakan sel-sel kulit yang memiliki pigmen ekstra dan seringkali disebabkan paparan sinar matahari. Tahi lalat mirip dengan bintik gelap, namun bisa lebih naik / tidak rata dengan kulit dan bertambah ukuran sejak kecil dan seterusnya. Tanda lahir dapat terbentuk dari bekas luka yang berhubungan dengan pembuluh darah, atau pigmen yang tersebar sejak lahir. Tanda lahir biasanya disebabkan oleh masalah dengan perpindahan sel selama pengembangan janin.

  • Bintik Gelap

          Sering menghabiskan waktu di luar rumah dan mulai muncul bintik-bintik gelap pada kulit? Munculnya bintik-bintik gelap ini disebabkan peningkatan melanin (pemberi warna coklat pada kulit). Ketika kulit menyerap banyak sinar UV dari matahari, kulit akan menghasilkan banyak melanin untuk melindungi kulit dari bahaya. Namun terkadang perubahannya tidak merata dan muncul di bagian kulit yang paling sering terpapar sinar matahari.

          Mereka yang memiliki kulit berwarna terang mungkin lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap ketika terkena sinar matahari. Dalam beberapa kasus, berkurangnya paparan sinar matahari dapat memudarkan intensitas bintik-bintik gelap. Untuk mengatasinya, gunakan sunscreen/sunblock berSPF tinggi dan gunakan setiap hari bahkan saat cuaca mendung.

  • Tahi Lalat

          Tahi lalat bisa rata dan halus atau terangkat dan bergelombang. Tahi lalat juga menunjukkan area kulit di mana pigmen telah menggumpal. Tahi lalat biasanya berukuran kecil dan bisa berwarna berbeda, termasuk merah muda, berwarna kulit, atau hitam, bentuk seperti oval atau bulat. Kamu dapat menemukan tahi lalat di mana saja di kulit. Mulai dari kulit kepala, ketiak, dan bahkan ruang terkecil di antara jari kaki dan jari tanganmu.

          Biasanya tahi lalat akan muncul dan berkembang sebelum usia 40, dan beberapa bahkan mungkin hilang dengan bertambahnya usia. Ingatlah bahwa jika kamu dilahirkan dengan tahi lalat, itu dianggap sebagai tanda lahir. Sebagian besar tahi lalat tidak berbahaya. Meskipun jarang terjadi, tahi lalat dapat berubah menjadi kanker. Kuncinya adalah terus memantau apakah ada perubahan pada tahi lalat dan noda berpigmen lainnya.

  • Tanda Lahir

          Sesuai dengan namanya, tanda lahir muncul sejak lahir atau segera setelah lahir. Bentuk, ukuran, dan warnanya beragam dan dapat muncul di mana saja pada kulit. Beberapa mungkin sangat kecil dan berwarna seperti kulit sehingga kamu tidak akan melihatnya tanpa lensa pembesar. Tetapi ada juga tanda lahir yang lebih besar dan lebih gelap sehingga terlihat jelas. Beberapa tanda lahir menetap pada kulit secara permanen dan beberapa mungkin hilang seiring waktu. Kamu tidak perlu takut karena tanda lahir aman pada kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak