Perbedaan Fungsi AHA dan BHA untuk Kulit

November 05, 2019

Perbedaan Fungsi AHA dan BHA untuk Kulit

Merawat wajah menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang agar berpenampilan menarik dan terhindar dari masalah kulit. Masalah kulit yang umum terjadi adalah kulit kasar, kusam, jerawat, berminyak, dan yang lainnya. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan perawatan kulit secara rutin bergantung pada masalah kulit yang dialami.

Misalnya, kulitmu kasar dan kusam. Itu artinya terdapat sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga menyebabkan kulit kasar dan kusam. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin minimal satu kali seminggu. Eksfoliasi merupakan proses menghilangkan sel kulit mati dari wajah dengan cara pengelupasan. Ini akan menjadi lebih membuat dan tampak cerah.

Tak hanya metode eksfoliasi yang penting dalam mengatasi kulit kasar dan kusam, kamu juga perlu memerhatikan kandungan di dalam produk eksfoliasi. Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan senyawa asam yang biasa ditemukan dalam produk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Biasanya, kedua senyawa ini ditemukan di berbagai produk skincare lainnya, seperti pembersih wajah, toner, pelembap, scrub, gel peeling, dan masker.

Selain sebagai pengangkat sel kulit mati pada wajah, AHA dan BHA juga dapat mengurangi peradangan, meredakan jerawat, mengurangi ukuran pori-pori sekaligus membersihkannya, mengurangi kerutan di permukaan wajah, meratakan warna kulit, sekaligus memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh.

AHA merupakan asam larut dalam air yang terbuat dari buah-buahan manis. Senyawa AHA terdiri dari glycolic, lactic, tartaric, citric, malic, dan mandelic yang dipercaya lebih aman untuk semua jenis kulit. Zat inilah yang membantu pengelupasan di permukaan kulit, sehingga sel kulit mati bisa tergantikan dengan sel kulit baru. Mampu mengatasi masalah kulit seperti adanya bintik-bintik hitam, terdapat bekas luka, pori-pori besar, ada garis halus dan kerutan, dan warna kulit yang tidak merata.

Sedangkan BHA, merupakan asam yang larut dalam minyak. Maka dari itu, BHA bisa masuk lebih jauh ke dalam pori-pori untuk mengatasi kelebihan sebum akibat jerawat dan beruntusan. Namun, perlu diketahui bahwa buat kamu pemilik kulit yang sangat kering dan sensitif ada baiknya untuk lebih  berhati-hati. Kamu perlu mengkonsultasikan ke dokter untuk aturan pakai yang sesuai dari produk yang dibeli.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak