Perangi Jerawat dengan Benzoil Peroksida

Juli 29, 2019

Perangi Jerawat dengan Benzoil Peroksida

          Jerawat memang menjadi musuh terbesar bagi wanita khususnya remaja. Untuk mengatasi jerawat, kamu butuh bahan yang ampuh dan bekerja dengan sempurna usir jerawat. Benzoil peroksida bisa jadi alternatif tambahan dalam kandungan yang kamu perlukan dalam skin care.

          Benzoil peroksida merupakan bahan yang terkenal dapat memerangi jerawat. Benzoil peroksida mempunyai sifat antimikroba, yang berarti membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat pada kulit. Tentunya dengan lebih sedikit bakteri di wajah, akan lebih sedikit pula jerawat yang akan terbentuk. Benzoil peroksida juga membantu menjaga pori-pori bersih dari sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan kelebihan sebum (minyak).

          Benzoil peroksida dapat kamu temukan dalam pembersih wajah, lotion, krim, gel, dan toner. Benzoil peroksida juga memiliki konsentrasi yang berbeda untuk berjerawat ringan hingga sedang. Benzoil peroksida bekerja sangat baik untuk jerawat meradang, seperti jerawat pustula, jerawat papula, jerawat kista, dan jerawat nodul. Tetapi benzoil peroksida bukanlah perawatan yang ampuh mengatasi komedo.

          Seperti kebanyakan obat jerawat lainnya, benzoil peroksida dapat menyebabkan kulit menjadi mengering, kasar, pecah dan mengelupas. Namun ini adalah efek samping yang paling umum terjadi. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan pelembab minimal dua kali sehari. Selain itu, penggunaan benzoil peroksida juga dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari.

Benzoil peroksida dapat ditemukan dalam produk perawatan jerawat berikut:

  • Sabun cuci muka: digunakan sekali atau dua kali sehari untuk membantu mencegah jerawat dan mengobati bekas jerawat
  • Sabun badan: dapat digunakan jika sering berjerawat di dada, punggung, dan area tubuh lainnya
  • Gel: konsentrasi nya lebih tinggi sehingga biasanya dipakai hanya pada daerah yang berjerawat
  • Krim dan lotion jerawat: biasanya dioleskan sekali atau dua kali sehari pada seluruh area kulit baik sebagai perawatan maupun tindakan pencegahan
          Seperti semua perawatan lainnya, penggunaan benzoil peroksida membutuhkan waktu untuk bekerja. Kamu mungkin perlu menunggu delapan hingga 10 minggu atau lebih lama untuk melihat hasilnya dimana jerawat akan perlahan-lahan menjadi lebih sedikit.

          Jangan mengoleskan terlalu banyak atau terlalu sering melebihi dosis yang disarankan karena dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu dan tidak akan menghilangkan jerawat lebih cepat. Kamu juga harus konsisten saat memakai benzoil peroksida sehingga efeknya akan terasa lebih cepat.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak