Penyebab Hilangnya Kelembapan Alami Kulit

November 11, 2019

Penyebab Hilangnya Kelembapan Alami Kulit

Setiap orang akan mengalami kehilangan kelembapan alami kulit seiring bertambahnya usia. Namun, sebenarnya tidak hanya usia saja yang menjadi faktor penyebab hilangnya kelembapan alami kulit. Ada faktor lain yang harus kamu tahu. Sebab, kehilangan kelembapan alami kulit menjadi salah satu pemicu munculnya penuaan dini.

Biasanya ini disebabkan oleh faktor usia dan kulit dehidrasi. Seiring bertambahnya usia, fungsi kelenjar kulit menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang lebih rendah. Tingkat ceramide (senyawa alami yang ada di lapisan luar kulit) juga berkurang seiring bertambah usia. Hal inilah memengaruhi kapasitas pengikatan air pada lapisan kulit. Kehilangan kelembapan alami kuli juga membuat seseorang lebih rentan terhadap cedera dari zat kimia dan sulit sembuh.

Sementara, kulit yang mengalami dehidrasi berarti kekurangan kadar air. Kulit dehidrasi mengganggu fungsi kulit normal sehingga menghasilkan sel kulit yang tidak merata dan menumpuk di permukaan kulit dan tampak kasar serta kusam. Selain itu, dapat menyebabkan gatal, warna kulit tidak merata, lingkar bawah mata lebih gelap, mata cekung, munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

Nah, kulit dehidrasi dengan kulit kering itu berbeda. Kulit dehidrasi adalah kekurangan air dan itu suatu kondisi kulit. Sementara, kulit kering tidak memiliki minyak alami (sebum). Kulit yang kering tidak menghasilkan minyak alami yang cukup dan biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti hipotiroidisme.

Untuk menjaga kelembapan alami kulit, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya, mengatur pola gaya hidup lebih sehat. Dengan cara, batasi minum kopi dan sumber kafein lainnya, olahraga teratur, isi ulang cairan tubuh setelah olahraga, tidur dan istirahat yang cukup, konsumsi sumber makanan nabati lebih banyak. Menghidrasi tubuh dengan minum air yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi kulit dan kehilangan kelembapan kulit. Makan sayuran dan buah yang kaya air juga dapat membantu meningkatkan asupan kamu. Serta, jangan lupa untuk menggunakan skincare untuk menjaganya dari luar.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak