Pentingnya Kolagen Bagi Kesehatan Kulit, Rambut, dan Tulang

Oktober 23, 2019

Pentingnya Kolagen Bagi Kesehatan Kulit, Rambut, dan Tulang

          Kolagen merupakan salah satu protein yang penting dalam tubuh kita. Protein kolagen ini berfungsi sebagai pembentuk kulit, rambut dan kuku sehingga tak jarang kolagen dapat ditemukan dalam produk perawatan kecantikan. Kolagen adalah polipeptida yang mengandung campuran asam amino seperti prolin dan glisin. Campuran ini berada di semua jaringan ikat, tulang rawan, tulang, dan kulit.

          Sebenarnya, tubuh kita memproduksi kolagen sendiri, namun hal ini tidak berlangsung selamanya. Tubuh membutuhkan kolagen yang kan dipecah oleh tubuh dalam sistem pencernaan menjadi asam amino dan mengalirkannya ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Mengonsumsi/memakai produk kolagen dapat mendorong tubuh memproduksi lebih banyak kolagen sehingga sumber asam amino semakin banyak dan menyehatkan tubuh.

          Ada sekitar 16 jenis kolagen, tetapi 80-90% kolagen dalam tubuh terbagi ke dalam 3 tipe. Kolagen tipe I 90% berada di kulit, rambut, kuku, organ, tulang, dan ligamen. Kolagen tipe II dikaitkan dengan tulang rawan, sedangkan kolagen tipe III berada di protein berserat dalam tulang seperti tulang rawan, dentin, tendon, dan jaringan ikat lainnya.

          Seiring bertambahnya usia, kolagen yang diproduksi oleh tubuh semakin menurun. Karena itulah diperlukan tambahan kolagen untuk mencegah keriput, mencegah kerontokan rambut, dan timbulnya uban. Penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kolagen secara teratur selama 8 minggu mengalami 20% penurunan kerutan. Suplemen kolagen juga telah terbukti sangat efektif dalam perawatan rambut yang rapuh dan kering dengan meningkatkan kelembaban di dalam rambut.

          Namun kolagen perlu didukung oleh vitamin C. Hal ini karena jika terlalu sedikit vitamin C dalam tubuh, kolagen tidak bisa diproduksi. Kubis, buah-buahan berwarna merah, dan wortel secara alami meningkatkan produksi kolagen. Kamu juga bisa mendapatkan sumber makanan kolagen dari ayam, ikan, dan sapi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak