Olahraga Terbaik untuk Mencegah Osteoporosis

November 18, 2019

Olahraga Terbaik untuk Mencegah Osteoporosis

          Osteoporosis adalah salah satu kondisi yang patut diwaspadai sejak usia muda. Tak hanya berlaku pada orang lanjut usia, wanita terutama di usia 30-an juga bisa mengalami osteoporosis. Osteoporosis sendiri adalah kondisi tulang yang melemah, rapuh dan rentan patah. Hal ini disebabkan berkurangnya jumlah mineral tulang yang bertugas untuk membuat tulang tetap padat. Jumlah kepadatan mineral tulang kita akan berkurang seiring bertambahnya usia. Ada beberapa jenis olahraga yang tepat untuk membantu mempertahankan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.

          Jenis latihan terbaik untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis adalah olahraga menahan beban secara teratur (berjalan, jogging, menari) dan olahraga kekuatan (angkat beban, push-up, squat). Olahraga seperti berenang dan bersepeda membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan membangun kekuatan otot, tetapi tidak terlalu efektif mencegah osteoporosis.

  • Olahraga Menahan Beban

          Olahraga menahan beban adalah olahraga yang dilakukan saat kamu berdiri menggunakan pengaruh gaya gravitasi. Olahraga menahan beban yang berdampak tinggi seperti aerobik, lari, dan lompat memiliki efek yang lebih bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang daripada olahraga berdampak rendah seperti berjalan.

  • Olahraga Kekuatan

          Olahraga kekuatan melibatkan mengangkat beban dengan lengan atau kaki. Olahraga kekuatan ini akan membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan memberi tekanan pada tulang yang membantu membuatnya lebih kuat. Saat tubuh telah beradaptasi, kamu perlu meningkatkan daya tahan untuk terus meningkatkan kekuatan tulang.

          Perlu diingat bahwa kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga. Meskipun hampir semua orang dapat merasakan manfaat dari kedua jenis olahraga tersebut, kamu yang tidak terbiasa mungkin akan sulit mengikutinya. Mulailah dengan intensitas rendah terlebih dahulu kemudian tingkatkan jika kamu sudah mulai terbiasa. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih profesional agar kamu tidak salah dalam melakukan olahraga.




Dan juga Beauty Tips

7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling
7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling

Desember 06, 2019

Saat traveling, wajah akan mengalami masalah kulit. Oleh karenanya, kamu wajib membawa sejumlah skincare ini saat traveling.

Baca lebih banyak

4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui
4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui

Desember 06, 2019

Ada berbagai macam tips dan trik kecantikan yang tersebar dari berbagai sumber. Dari banyak trik tersebut, ada 4 tips pemakaian bahan yang jarang 

Baca lebih banyak

7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula
7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Desember 06, 2019

Ladies, kamu termasuk orang yang suka makanan manis? Makanan yang mengandung gula memang enak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik

Baca lebih banyak