Olahraga Membuat Badan Lebih Sehat, Bagaimana dengan Kulit?

Desember 03, 2019

Olahraga Membuat Badan Lebih Sehat, Bagaimana dengan Kulit?

          Seringkali kita melihat bahwa olahraga hanya akan membuat kulit menjadi bermasalah. Mulai dari kulit berminyak, pori-pori tersumbat, kulit kusam sampai jerawat. Memang olahraga akan membuat badan lebih sehat, namun apakah kamu ingin terus berolahraga apabila kulitmu jadi bermasalah? Olahraga dapat bermanfaat bagi kulit tapi juga dapat merugikan kulit tergantung bagaimana kamu dapat mengatasinya.

Manfaat Olahraga Bagi Kulit:

  • Mencerahkan: Ketika kita berolahraga, pembuluh darah akan mengembang sehingga lebih banyak darah dan oksigen mengalir ke permukaan kulit. Hal ini menguntungkan bagi kulit karena memberikan kulit penampilan yang lebih cerah. Pada tingkat yang paling mendasar, keringat terbentuk untuk melindungi kita dari panas berlebih dan sebagai hasilnya, kulit menjadi lebih cerah.
  • Melindungi: Walaupun keringat tentu saja dapat menyebabkan jerawat, keringat kita juga menawarkan beberapa tindakan perlindungan, tidak peduli jenis kulit apapun yang kita miliki. Keringat bertindak sebagai pelindung kulit dan melepaskan peptida antimikroba yang disebut dermcidin yang dapat membantu memerangi bakteri dan mencegah infeksi. Dermcidin juga membantu meningkatkan produksi minyak agar kulit tidak mengering.


Kerugian Olahraga Bagi Kulit:

  • Kulit Meradang: Kulit yang mengalami gesekan dengan pakaian atau bagian kulit lainnya dapat meradang seiring waktu. Inilah yang membuat seringkali sehabis olahraga, kita menemukan kulit terutama di lipatan kulit menjadi memerah. Untuk mencegahnya, kamu membutuhkan semprotan anti-perspirant yang membantu menciptakan pelindung kulit terhadap gesekan. Kamu juga bisa menggunakan salep pelembab yang dapat mencegah kulit teriritasi.
  • Jerawat atau Pori-pori Tersumbat: Ketika kamu meninggalkan keringat cukup lama di kulit, kamu akan membuat pori-pori tersumbat karena adanya bakteri dan minyak yang bercampur di kulit. Ketika pori-pori tersumbat, akan dengan mudah timbul jerawat di bagian tubuh yang berkeringat, termasuk di wajah. Jika kamu cenderung berkeringat dan memiliki kulit berminyak, kamu harus segera mandi atau mencuci wajah setelah melakukan olahraga. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kemungkinan pori-pori tersumbat sehingga kamu terhindar dari jerawat. Pastikan kamu memakai sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk membantu memerangi bakteri penyebab jerawat.
  • Iritasi: Keringat mengandung natrium yang dikeluarkan dari tubuh sehingga membiarkan keringat terlalu lama menempel di kulit akan menimbulkan iritasi. Gejala iritasi akan semakin buruk apabila kamu memiliki tipe kulit sensitif. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan handuk yang bersih dan mengelap keringat saat kamu olahraga. Jangan lupa untuk segera mandi dan membersihkan tubuh dengan sabun yang lembut dan melembabkan.

 




Dan juga Beauty Tips

7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling
7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling

Desember 06, 2019

Saat traveling, wajah akan mengalami masalah kulit. Oleh karenanya, kamu wajib membawa sejumlah skincare ini saat traveling.

Baca lebih banyak

4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui
4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui

Desember 06, 2019

Ada berbagai macam tips dan trik kecantikan yang tersebar dari berbagai sumber. Dari banyak trik tersebut, ada 4 tips pemakaian bahan yang jarang 

Baca lebih banyak

7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula
7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Desember 06, 2019

Ladies, kamu termasuk orang yang suka makanan manis? Makanan yang mengandung gula memang enak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik

Baca lebih banyak