Oatmeal, Bahan Alami yang Baik untuk Kulit Sensitif

Juli 31, 2019

Oatmeal, Bahan Alami yang Baik untuk Kulit Sensitif

Merawat kulit sensitif memang cenderung rumit karena rentan iritasi. Tak heran, jika mereka memiliki perawatan yang ekstra hati-hati dalam memilih produk kecantikan. Bagi pemilik kulit sensitif memang lebih dianjurkan menggunakan bahan alami agar aman. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah oatmeal. Oatmeal dianggap tepat sebagai perawatan kulit sensitif berkat manfaatnya yang luar biasa.

1. Pembersih wajah

Kandungan saponin dalam oatmeal merupakan senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungannya memproduksi busa ketika dilarutkan dengan air. Fungsinya seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekulnya sehingga dapat dibilas. Oatmeal lebih lembut dari sabun wajah serta tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi secara alami. Oatmeal tidak akan membuat kulit kering dan terkelupas. Cara membersihkan wajah dengan oatmeal, tuangkan satu sendok teh oatmeal pada mangkuk yang berisi air hangat. Aduk sampai rata lalu oleskan ke seluruh wajah. Pijat dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air bersih.

2. Cegah kulit kusam

Nutrisi pada oatmeal dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan sinar matahari. Kulit sensitif yang awalnya kusam dan berwarna gelap bisa diatasi dengan oatmeal karena mengembalikan warna kulit seperti semula.

3. Mengusir komedo

Kulit sensitif rentan tergores, terluka, cedera, dan iritasi saat mengangkat komedo. Dengan masker oatmeal sebelum mengangkat komedo dengan alat khusus bisa menghindari kulit dari iritasi dan rasa perih setelahnya.

4. Cegah jerawat

Zat antibakteri oatmeal ampuh membunuh bakteri yang mendorong munculnya jerawat. Kamu bisa gunakan masker oatmeal agar bakteri sulit masuk ke dalam pori-pori. Oatmeal juga memiliki antioksidan dan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah.

5. Melawan radikal bebas

Kulit sensitif memiliki struktur lapisan kulit lebih tipis sehingga mudah mengalami iritasi dan perih saat terpapar sinar matahari. Ini bisa mengakibatkan kulit menjadi merah bahkan mengelupas. Oatmeal mengandung asam amino yang dapat memperkuat lapisan permukaan kulit sehingga tidak mudah teritasi radikal bebas. Cara mengatasinya, kamu bisa menggunakan krim malam yang mengandung oatmeal untuk menenangkan dan merangsang regenerasi sel kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak