4 Mitos Skincare yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

4 Mitos Skincare yang Perlu Kamu Tahu

Selain fakta yang berbicara, rupanya skincare juga memiliki beberapa mitos. Misalnya, jangan menggunakan skincare dari dokter karena bisa bikin ketagihan atau sering mencuci muka bisa membuat kulit bebas jerawat dan lainnya. Mitos-mitos ini berkembang sejak dulu karena dikarenakan pemahaman yang masih kurang atau salah paham. Nah, sekarang kita cari tahu mitos skincare apa saja yang perlu kamu tahu.

Mitos 1 : Semakin tinggi SPF, makin melindungi kulit

Sinar UVA dan UVB dapat menembus kulit cukup dalam dan mengubah pigmen kulit. Sinar UVB dapat merusak DNA kulit dan menyebabkan perubahan pigmen, penuaan dini, bahkan karsinoma. Untuk itu, menggunakan sunscreen dengan SPF menjadi penting. SPF pada sunscreen ini beragam, mulai dari SPF 15, 30, hingga 50. SPF yang beragam ini dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan kulit dan seberapa sering kamu beraktivitas di luar. Jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan maka membutuhkan sunscreen dengan SPF 50, tapi jika di dalam ruangan dan makan siang di luar (terpapar sinar matahari) maka hanya butuh SPF 15.

Studi yang dimuat Cleveland Clinic Journal of Medicine, peningkatan SPF tidak bersifat linier terhadap perlindungan dari sinar matahari. Jika ingin mendapatkan perlindungan terhadap sinar matahari maka perlu memperhatikan kandungan SPF dan PA. sebab, kandungan PA dapat melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UVA.

Mitos 2 : sunscreen dipakai saat panas terik

Meski cuaca mendung, kamu tetap harus pakai sunscreen. Sebab, sinar matahari tetap akan sampai ke permukaan kulit meski cuaca mendung. Kamu bisa gunakan susncreen setiap dua jam sekali atau setelah berenang dan berkeringat.

Mitos 3 : scrubbing membuat kulit sehat dan bebas berjerawat

Terlalu sering scrubbing justru merusak kulit dan menjadi kering. Terlalu sering mencuci wajah dan melakukan eksfoliasi, kulit akan melepaskan minyak pelindung, berisiko iritasi, hingga jerawat.

Mitos 4 : semakin mahal skincare, semakin baik untuk kulit

Tak ada jaminan jika skincare mahal itu mengartikan efektif untuk digunakan. Semuanya tergantung dari jenis kondisi kulit masing-masing. Terlebih, bahan aktif skincare yang ditawarkan oleh drugstore atau toko lainnya itu hampir serupa.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak