Mitos atau Fakta Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi?

November 19, 2019

Mitos atau Fakta Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi?

Mengatasi jerawat membandel memang beragam caranya. Salah satunya, dengan mengoleskan pasta gigi yang dianggap manjur untuk mengatasi jerawat. Jerawat akan mengering jika dioleskan dengan pasta gigi. Pada kenyataannya, pasta gigi tidak bisa mengatasi jerawat membandel. Ahli dermatologist mengungkapkan, hal ini justru bisa menimbulkan lebih banyak masalah.

Dermatologist asal New York Libby Rhee mengungkapkan tidak jelas mitos tentang mengatasi jerawat dengan pasta gigi. Pasta gigi diperuntukkan untuk gigi bukan kulit karena kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Pasta gigi mencegah gigi berlubang menjaga gigi tetap putih berkilau dan membantu mempertahankan kebersihan mulut. Sejak dulu, ini tidak pernah menjadi dua alat fungsi sebagai pembersih gigi dan penghilang jerawat.

Menurut dermatologist asal New York Dr Neal Schultz, formula pasta gigi memang memiliki efek mengeringkan kulit namun bukan berarti bisa mengatasi masalah kulit. Justru dengan mengoleskan pasta gigi bisa membuat kulit wajah menjadi tambah rusak. Pasta gigi diracik khusus untuk kesehatan gigi bukan kulit. Sebab, kandungan pasta gigi terdiri dari baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, menthol, hingga triclosan. Dengan demikian, pasta gigi dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kemerahan, mengelupas, hingga terbakar.

Dr Schultz mencatat tidak ada bahan dalam pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif daripada pengobatan jerawat konvensional. Jerawat mungkin akan hilang jika dioleskan pasta gigi tapi tetap memunculkan iritasi. Dan ini sangat tidak direkomendasikan oleh banyak dokter gigi.

Sebaiknya, gunakan perawatan kulit khusus jerawat. Kamu bisa menggunakan krim jerawat atau gel yang mengandung salicylic acid 1 persen atau 2,5 persen benzoil peroksida. Kedua kandungan ini dapat membantu mencegah jerawat timbul ke permukaan wajah.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak