Metode Skin Fasting, Penyelamat Rutinitas Perawatan Kulit

Agustus 13, 2019

Metode Skin Fasting, Penyelamat Rutinitas Perawatan Kulit

          Kalau puasa pada umumnya adalah menahan rasa haus dan lapar, ternyata ada lho puasa kulit atau yang lebih sering disebut Skin Fasting. Metode skin fasting ini merupakan metode mengistirahatkan kulit dari rutinitas perawatan kulit yang biasanya digunakan. Tujuannya yaitu untuk mendetoksifikasi kulit dan memungkinkan sistem perawatan alami dari kulit bekerja lebih efektif dengan menghilangkan penggunaan skin care.

          Manfaat lain dari skin fasting yaitu jika kamu menggunakan produk skin care baru dan mengalami reaksi negatif, kamu bisa menghilangkan efeknya dengan melakukan skin fasting. Hal ini juga dapat dilakukan jika kamu menggunakan produk yang salah untuk jenis kulitmu atau secara tidak sadar menggunakan bahan-bahan yang mengiritasi / keras / mengeringkan. Proses puasa dari skin care ini diperlukan untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah, dan kemudian kamu dapat kembali menyesuaikan rutinitas perawatan kulit.

          Namun skin fasting ini tidak dapat dilakukan oleh pemilik kulit berjerawat. Beristirahat dari produk anti jerawat baik itu sabun cuci muka, asam salisilat (BHA) atau benzoil peroksida dapat meningkatkan produksi jerawat. Sangat penting untuk konsisten memakai produk anti jerawat untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Tips dalam melakukan skin fasting:

  1. Bersihkan kulit secara lembut di malam hari. Gunakan pembersih yang tidak mengeksfoliasi. Hindari bahan-bahan seperti benzoil peroksida, alkohol, dan pewangi. Bilas dan keringkan kulit dengan handuk yang lembut.
  2. Jangan gunakan toner atau perawatan kulit lainnya. Jangan oleskan minyak atau serum. Lewati saja semuanya.
  3. Pastikan lingkungan kamu tinggal tidak gersang. Jika kamar kamu terlalu kering, skin fasting tidak akan berfungsi dengan benar. Kamu bisa menggunakan pelembab udara/diffuser di samping tempat tidur.
  4. Bersihkan wajah dengan air. Karena tidak ada kelebihan produk di permukaan kulit, membersihkan hanya dengan air di pagi hari adalah yang terbaik. Ini akan mencegah minyak alami wajahmu terhapus dari wajah.
  5. Minumlah banyak air. Tidak masalah apapun jenis kulitmu, ada kemungkinan besar kulit mengalami dehidrasi. Jadi pastikan kamu menghidrasi kulit dengan minum air.
  6. Lakukan skin fasting seminggu sekali. Kamu bisa melakukannya dua kali seminggu jika benar-benar menikmatinya, tetapi jika kamu melakukan skin fasting terlalu sering, itu justru dapat menyebabkan kerusakan, membuat kulit menjadi lebih kering.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak