Mengenal Melasma dan Cara Mengatasinya

Juli 11, 2019

Mengenal Melasma dan Cara Mengatasinya

          Ladies, apakah kamu pernah mendengar permasalahan kulit bernama melasma? Melasma adalah masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan bercak-bercak gelap dan perubahan warna pada kulit. Bercak berwarna kecoklatan biasanya muncul pada pipi, dahi, jembatan hidung, dagu, leher dan lengan bagian bawah. Perubahan warna kulit ini sebenarnya tidak membahayakan, tetapi kamu mungkin merasa tidak percaya diri karena kemunculannya.

  • Penyebab melasma
          Tidak sepenuhnya jelas apa yang menyebabkan melasma. Namun penelitian menunjukkan bahwa orang yang berkulit lebih gelap lebih berisiko terkena melasma daripada mereka yang berkulit putih. Tingkat hormon estrogen dan progesteron juga terkait melasma. Ini berarti pil KB, kehamilan, dan terapi hormon dapat memicu melasma. Stres dan penyakit tiroid juga dianggap sebagai penyebab melasma. Selain itu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan melasma karena sinar ultraviolet mempengaruhi sel-sel yang mengontrol pigmen (melanosit).

  • Apakah melasma dapat diobati?
          Bagi sebagian wanita, melasma menghilang dengan sendirinya. Ini biasanya terjadi ketika selesai melahirkan atau sudah berhenti menggunakan pil KB. Ada juga krim yang diresepkan oleh ahli dermatologis untuk mencerahkan kulit. Jika ini tidak berhasil, chemical peels, dermabrasi, dan mikrodermabrasi adalah pilihan yang dapat dicoba karena metode ini menghilangkan lapisan kulit bagian atas untuk mengurangi tampilan bercak yang gelap. Namun beragam cara ini tidak menjamin bahwa melasma akan hilang selamanya. Ada beberapa kasus dimana melasma tidak dapat sepenuhnya hilang sehingga kamu mungkin harus melakukan perawatan secara terus menerus.

  • Cara menyamarkan melasma
          Meskipun tidak semua kasus melasma akan sembuh dengan pengobatan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memastikan kondisinya tidak bertambah buruk. Caranya antara lain:
- menggunakan make up untuk menutupi area yang timbul bercak gelap
- minum obat yang diresepkan
- mengenakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30
- mengenakan topi bertepi lebar yang melindungi wajah dari sinar matahari




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak