Mengenal Manfaat Ceramide dalam Skincare

Oktober 31, 2019

Mengenal Manfaat Ceramide dalam Skincare

Kandungan dalam skincare memang banyak sekali. Tak cukup hanya satu, karena setiap kandungannya memiliki manfaat yang berbeda. Salah satu kandungan skincare yang perlu kamu tahu adalah ceramide.

Ceramide terjadi di kulit untuk menjadi penghalang kulit. Ceramide adalah lipid atau lemak yang ditemukan secara alami konsentrasi tinggi di lapisan kulit paling atas. Memasuki usia 30 tahun, tubuh akan kehilangan 40 persen ceramide. Cermide dalam kulit akan menurun sekitar 60 persen di usia 40-an.

Semakin tua akan sering terekspos sinar matahari, karenanya ceramide di kulit akan semakin lemah. Bila kekurangan ceramide, menurut Sejal Shah, ahli dermatologi asal New York, kulit akan jadi kasar, kering, keriput, mudah iritasi, kemerahan, dan dehidrasi karena lapisan pelindungnya rusak.

Perubahan cuaca juga bisa membuat ceramide perlahan hilang dari kulit, misalnya dingin karena hujan dan kering akibat musim kemarau. Bila kamu terlalu sering mencuci muka dan mengeksfoliasi kulit, keseimbangan pH juga akan menurun. Menurut ahli kimia di bidang kosmetik James Hammer, semua hal yang bisa menghilangkan minyak dari kulit bisa menyebabkan level ceramide berkurang.

Kandungan ceramide dalam produk skincare membentuk lebih dari 50 persen komsisi kulit. Tak heran, jika ceramide memainkan peran penting dalam menjaga struk kulit yang sehat dengan mengikat sel di permukaan dan membentuk lapisan pelindung yang solid. Lapisan ini menahan hidrasi dan melindungi kulit dari kerusakan yang memberi tampilan seimbang.

Ceramide dipercaya membantu kondisi kulit, seperti rosacea, eksim, psoriasis, dan kering. Dibanding retinol, niacinamide, dan peptide, ceramide bekerja lebih baik untuk mencegah kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak