Mengapa Skin Care Organik Bisa Lebih Mahal?

Desember 09, 2019

Mengapa Skin Care Organik Bisa Lebih Mahal?

          Produk organik atau yang berasal dari alam memang menggiurkan, namun mengapa harganya bisa lebih mahal padahal diambil dari alam? Hampir semua produk skin care yang organik atau berbahan dasar dari alam memiliki harga yang lebih tinggi daripada skin care non-organik. Banyak orang yang menginginkan memakai skin care organik karena diyakini tidak mengandung banyak bahan kimia dibandingkan skin care non-organik. Lalu, apa sebenarnya yang membuat skin care organik menjadi lebih mahal? Berikut ini penjelasannya!

1. Umur Simpan
          Produk organik biasanya memiliki umur simpan yang lebih pendek dibandingkan produk yang non-organik. Hal ini karena bahan alami tidak dapat bertahan selama bahan kimia. Masa simpan produk organik umumnya 12-20 bulan sedangkan produk non organik bisa disimpan hingga 3 tahun atau lebih. Produk organik juga tidak diproduksi secara massal karena produsen biasanya tidak ingin merugi apabila produknya tidak terjual mendekati masa umur simpan. Produk organik memiliki umur simpan yang pendek karena bahan-bahannya secara alami terbatas masa umurnya sehingga akan rusak setelah beberapa saat. Tetapi memang produk organik diyakini lebih bergizi dan berkualitas tinggi dibandingkan produk non-organik.

2. Bahan
          Bahan-bahan organik biasanya lebih mahal dibandingkan bahan-bahan non-organik. Faktor penyebabnya yaitu karena menanam tanaman organik membutuhkan banyak waktu dan proses dibandingkan bahan non-organik. Banyak juga biaya-biaya yang terkait dengan bahan organik seperti membayar sertifikasi organik, peningkatan biaya tenaga kerja, dan biaya penanaman untuk pengendalian hama. Petani organik hanya mengeluarkan lebih banyak biaya daripada petani konvensional, dan biaya itu dibebankan kepada produk.

3. Formulasi
          Meracik bahan-bahan yang organik biasanya lebih rumit dibandingkan menggunakan bahan kimia. Hal ini karena bahan-bahan organik memiliki kelemahan seperti tidak tahan lama, tidak memiliki wangi yang tahan lama atau teksturnya yang tidak menyatu. Untuk mengatasi semua kelemahan ini, dibutuhkan formulasi yang tepat dengan takaran yang pas agar produk dapat bertahan lebih lama. Meskipun rumit, formulasi bahan-bahan organik akan lebih menguntungkan bagi kulit karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

4. Produksi
          Karena memproduksi produk organik biasanya hanya dibuat dengan skala yang kecil, biasanya harga produksi produk menjadi lebih mahal. Mulai dari bahan-bahan, kemasan, sampai ke bagian penjualan biasanya menjadi lebih mahal dibandingkan produk non-organik.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak