Mau Rambut Sehat? Ini Daftar Makanan yang Menutrisi Rambut!

Oktober 29, 2019

Mau Rambut Sehat? Ini Daftar Makanan yang Menutrisi Rambut!

          Sama seperti kulit yang membutuhkan nutrisi agar kulit tetap sehat, rambut juga perlu nutrisi agar tetap sehat. Nutrisi yang sehat sangat penting bagi setiap sel-sel rambut agar tetap kuat dan berkilau. Untuk mendapatkannya, kamu bisa makan makanan yang memiliki zat seperti:

  • Omega 3

          Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Fungsi dari asam lemak omega-3 adalah melindungi kulit kepala dan menjaga kepala tetap terhidrasi. Kamu dapat menemukan omega-3 dalam makanan seperti alpukat, salmon, kacang kenari dan ikan makarel.

  • Protein

          Karena rambut terbuat dari protein, sangat penting untuk menjaga kadar protein dalam tubuh tetap seimbang agar rambut kuat dan sehat. Makanlah makanan yang kaya protein seperti ayam, ikan, susu telur dan kacang-kacangan.

  • Vitamin A

          Agar tetap kuat, kulit kepala membutuhkan zat berminyak yang dibuat oleh kelenjar sebaceous rambut. Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat minyak ini. Tanpa minyak alami rambut, kulit kepala dapat menjadi kering dan gatal. Makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, labu dan ubi jalar.

  • Biotin

          Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Apabila tubuh kekurangan biotin, dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Penuhi asupan biotin dalam tubuh dengan makan makanan seperti hati, kuning telur, tepung kedelai, gandum dan ragi.

  • Zat Besi

          Zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk rambut dan kekurangan zat besi adalah penyebab utama kerontokan rambut.Ketika kadar zat besi (serum ferritin) jatuh di bawah titik tertentu, tubuh mungkin mengalami anemia. Ini akan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel rambut yang memengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan kerontokan. Kamu dapat memakan daging merah, ayam, ikan, bayam, brokoli, dan kangkung untuk mendapatkan zat besi yang bergizi.

  • Vitamin C

          Vitamin C membantu penyerapan zat besi sehingga makanan yang mengandung banyak vitamin C baik dikonsumsi bersamaan dengan makanan kaya zat besi. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sumber terbaik dari vitamin C antara lain blackcurrant, blueberry, brokoli, jambu biji, buah kiwi, jeruk, pepaya, stroberi dan ubi jalar.

  • Vitamin E

          Matahari dapat merusak rambut kita sama seperti merusak kulit. Pastikan kamu makan makanan yang kaya vitamin E untuk memberikan perlindungan bagi rambut. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari makanan seperti kacang almond, bayam, alpukat dan brokoli.

  • Seng dan Selenium

          Seng dan selenium adalah mineral yang penting untuk melindungi kulit kepala. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok, kulit kepala kering dan bersisik. Kamu dapat makan daging sapi, telur dan tiram untuk mendapatkan zat seng.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak