Mau Dapatkan Flawless Skin? Wajib Lakukan 8 Cara Ini!

Juni 27, 2019

Mau Dapatkan Flawless Skin? Wajib Lakukan 8 Cara Ini!

          Merawat kesehatan wajah setiap hari menggunakan skin care adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya, semahal dan sebagus apapun produk skin care yang kamu gunakan, hanya akan menjadi hal yang sia-sia apabila tidak kamu gunakan secara benar. Karena itu, kamu perlu tahu aturan-aturan dalam menggunakan skin care agar kulitmu terawat dengan sempurna. Ada 8 cara yang wajib kamu pakai setiap hari, yuk perhatikan detailnya!

1. Cari Tahu Tipe Kulitmu Sebelum Membeli Skin Care
          Sebelum membeli produk skin care, kamu harus terlebih dahulu mengetahui tipe kulit wajahmu. Apakah kulitmu kering, berminyak, kombinasi, berjerawat, sensitif, normal atau perpaduan dari banyak tipe? Setelah mengetahui tipe kulit, barulah kamu dapat membeli produk yang sesuai dengan tipe kulit agar hasilnya lebih maksimal. Kulit setiap orang unik, bahkan terkadang memiliki tipe kulit yang sama namun tidak cocok memakai skin care yang sama.
Kondisi kulit kamu tidak akan tetap sama selamanya. Meskipun jenis kulit kamu sebagian besar disebabkan oleh genetika, faktor musim, lingkungan, dan hormon juga menjadi mempengaruhinya. Kalau saat ini kamu memiliki kulit berminyak, mungkin tidak selamanya, jadi periksa kembali kulitmu setiap enam bulan untuk melihat apakah terdapat perubahan dan apakah kamu perlu mencoba sesuatu yang baru.

2. Cuci Tangan
          Cara ini terlihat simpel, tapi berdampak besar lho! Tanpa kamu sadari, seringkali kamu menyentuh wajah sesudah menyentuh pegangan pintu, peralatan kantor, makanan dan lainnya. Padahal ada banyak sekali bakteri yang kamu pindahkan dari tangan ke wajah yang dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Kalau kamu tidak bisa mencuci tangan, setidaknya jangan pegang wajahmu dengan tangan yang kotor.

3. Gunakan Metode Double Cleansing
          Membersihkan wajah sekali saja hanya akan menghilangkan kotoran di permukaan wajah. Double cleansing bertujuan untuk membersihkan wajah menembus sampai ke dalam pori-pori wajah yaitu menyapu minyak sebum dan sisa kotoran atau makeup. Kamu bisa mulai pembersihan tahap pertama dengan pembersih berbasis minyak yaitu cleansing oil.
Cleansing oil akan melarutkan make up waterproof, sunscreen, polusi, dan minyak sebum pada permukaan kulit. Kemudian lanjutkan pembersihan tahap kedua yaitu menggunakan pembersih berbasis air (seperti gel, busa, atau krim), yang akan menghilangkan seluruh kotoran tanpa sisa. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, dan bilas dengan air hangat.

4. Gunakan Skin Care Sesuai Urutan
          Urutan yang salah berarti skin care yang kamu pakai tidak dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna. Setiap skin care memiliki tingkat massa jenis/kepadatan yang berbeda. Ketika urutan skin care kamu salah, skin care yang kamu pakai akan menghalangi skin care selanjutnya untuk menembus kulit. Urutan yang benar adalah memakai skin care dengan massa jenis paling ringan ke paling berat.
Cleansing oil → cleanser cream → Eksfoliasi (seminggu sekali)→ Toner → Masker wajah (satu-dua kali seminggu durasi 20 menit) → essence → Serum → eye cream/ eye serum → moisturizer → SPF (saat siang hari) / krim malam (saat malam hari)
Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan face oil pada lapisan terakhir sebagai pelindung kulit. Hal yang terpenting, berikan jarak waktu untuk skin care meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu saat sudah terasa tidak terlalu basah atau lengket. Jangan menggunakan terlalu banyak produk, semakin banyak lapisan yang kamu gunakan tidak menjadi semakin baik untuk kulit, tetapi malah akan menumpuk dan kulit menjadi terkikis.

5. Jangan Lupa Pakai Sunscreen/Sunblock
          Kulit memang butuh sinar matahari untuk mendapatkan Vitamin D selama 5-15 menit setiap hari. Namun jika kamu terlalu banyak terpapar sinar matahari, kulitmu dapat terbakar sinar ultraviolet yang dapat merusak jaringan kolagen kulit dan membuat kulit menjadi lebih cepat kendur dan mengkerut. Sunscreen/Sunblock yang mengandung SPF melindungi kulit dari 2 jenis sinar ultraviolet yaitu UVA (membuat kulit keriput) dan UVB (membuat kulit terbakar).
Jika kulit kamu membutuhkan waktu 15 menit sebelum kulit terbakar matahari, maka ketika kamu memakai Sunscreen/Sunblock SPF 10 berarti kulitmu akan terlindungi 10 x 15 menit yaitu 2,5 jam. Jadi kamu harus memakai sunscreen setiap 2,5 jam sekali. Atau jika kamu membutuhkan waktu 10 menit sebelum kulit terbakar matahari, kamu membutuhkan SPF 30, sehingga dapat bertahan 300 menit, dan seterusnya.

6. Eksfoliasi
          Pengelupasan sel-sel kulit mati perlu kamu lakukan 1-2 kali seminggu untuk kulit sensitif, 2-3 kali seminggu untuk kulit normal, kombinasi, dan berminyak. Penting untuk eksfoliasi karena dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan membantu pergantian sel kulit baru. Beberapa eksfoliator yang mengandung AHA (asam glikolat) dapat menghilangkan tampilan garis-garis halus dan kerutan. Satu hal yang paling penting yaitu jangan melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena pada akhirnya dapat menghilangkan sel-sel kulit yang sehat, membuat kulit rentan bakteri dan jerawat. Setiap eksfoliasi, berikan tekanan yang lembut pada wajah dan gunakan air hangat.

7. Jaga Kesehatan Kulit dari Dalam
          Setelah kamu sukses merawat kulitmu dari luar, tentu tidak akan maksimal kalau kamu makan sembarangan. Kurangi makan makanan berminyak, fast food dan junk food ya! Selain hanya akan menambah berat badan, makanan tersebut tidak memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulitmu. Perbanyak makan buah seperti tomat, kiwi, lemon, stroberi dan sayur seperti kangkung, tahu, bayam yang terkenal bagus untuk kesehatan kulit. Jangan lupa lengkapi hari-harimu dengan minum teh hijau sebagai antioksidan.

8. Tidur Cukup dengan Posisi Terlentang
          Ini cara yang paling kamu suka! Yup! Cukup tidur merupakan hal yang penting bagi kulit untuk melakukan regenerasi sel, karena itu sangat penting bagi kulit mendapatkan istirahat yang cukup selama 8 jam. Posisi tidur juga merupakan hal yang penting. Sebaiknya kamu tidur terlentang, agar kulitmu tidak terhimpit kasur atau bantal yang dapat membuat garis halus pada kulit.
Cukup mudah kan? Asal kamu rajin, kulit sempurna bisa kamu dapatkan kok! Cheers ;)



Dan juga Beauty Tips

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat

Agustus 20, 2019

Jerawat sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Baca lebih banyak

Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari
Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari

Agustus 20, 2019

Rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari itu berbeda. Sebab, penggunaan skincare itu harus sesuai yang dibutuhkan kulit.

Baca lebih banyak

Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya
Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya

Agustus 19, 2019

Bintang baru di dunia skincare, Polyglutamic acid. Kandungan skincare ini jauh lebih ampuh dibanding klan acid lainnya.

Baca lebih banyak