Masih Muda Tapi Ubanan? Ini Penyebabnya!

September 18, 2019

Masih Muda Tapi Ubanan? Ini Penyebabnya!

          Seiring bertambahnya usia, warna asli rambut mulai berubah. Tidak peduli apapun warna asli rambutmu baik itu hitam, coklat, merah atau pirang, ketika kamu bertambah tua akan muncul uban atau rambut berwarna abu-abu. Hal ini memang alami terjadi karena bertambahnya usia akan membuat folikel rambut kehilangan pigmen sehingga menyebabkan warna rambut menjadi abu-abu.

          Tetapi rambut uban ini tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah tua. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab uban muncul meski masih remaja atau berusia 20-an. Berikut ini adalah penyebab mengapa uban muncul pada usia muda:

1. Genetika
          Rambut uban yang muncul pada usia muda bisa saja diturunkan secara genetik. Jika kamu memiliki orang tua atau keluarga yang memiliki kasus sama, kemungkinan ini sudah terjadi secara turun temurun. Kamu tidak dapat mengubah warisan genetika, tetapi jika kamu tidak menyukai tampilan uban, kamu dapat mewarnai rambutmu.

2. Stres
          Stres ternyata dapat memengaruhi rambut. Sebuah studi tahun 2013 menemukan hubungan antara stres dan menipisnya sel-sel induk di folikel rambut tikus. Jadi jika kamu melihat semakin banyak munculnya uban di rambut, stres mungkin adalah penyebabnya.

3. Penyakit Autoimun
          Penyakit autoimun juga menyebabkan rambut menjadi berwarna putih atau abu-abu. Ini terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

4. Gangguan Tiroid
          Perubahan hormon yang disebabkan oleh gangguan tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga dapat menyebabkan rambut beruban. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin lebih sedikit yang mengakibatkan rambut berwarna putih/abu-abu.

5. Kekurangan Vitamin B-12
          Rambut uban pada usia muda juga dapat berindikasi bahwa kamu kekurangan vitamin B-12. Vitamin B-12 penting dalam tubuh karena memberi energi bagi tubuh serta berkontribusi untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan warna rambut.

6. Kebiasaan Merokok
          Selain meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung, merokok dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh termasuk folikel rambut, menyebabkan rambut beruban lebih awal.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak