Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

September 23, 2019

Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

          Kedelai merupakan adalah salah satu makanan dengan protein yang tinggi dan harganya sangat murah. Seringkali kedelai dijadikan bahan makanan seperti tahu dan tempe, atau minuman susu kedelai. Selain itu edamame juga termasuk dalam produk kedelai. Semua jenis kedelai ini memiliki sembilan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Dikarenakan tubuh kita tidak bisa menghasilkan asam amino secara alami, kita perlu memakan kedelai untuk memenuhi gizi yang diperlukan tubuh. Manfaat mengonsumsi kedelai antara lain:

  • Kandungan yang Bergizi

          Kedelai memiliki kandungan protein tinggi yang menyediakan serat bergizi dan membuat kenyang lebih lama. Kedelai juga aman dikonsumsi karena rendah lemak jenuh. Asam amino dalam kedelai juga dapat menggantikan protein hewani seperti daging, ikan, makanan laut, telur dan susu.Setengah cangkir edamame mengandung vitamin C yang menjaga kekebalan tubuh dan juga mengandung zat besi yang berguna untuk produksi sel darah merah.

  • Menjaga Tingkat Kolesterol

          Mengonsumsi kedelai secara teratur dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan mengatur kadar kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh. Kedelai juga merupakan salah satu dari 13 makanan yang membantu menurunkan trigliserida (lemak dari makanan yang tidak diperlukan tubuh) secara alami.

  • Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

          Makanan dari kedelai dapat menjadi pilihan pas bagi orang yang memiliki penyakit jantung. Kedelai dapat digunakan sebagai pengganti daging merah dan olahan karena kadar kolesterolnya lebih sehat bagi jantung.

  • Tidak Menyebabkan Kanker

          Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dengan takaran yang sesuai dapat menurunkan risiko kanker payudara. Makan kedelai dua hingga tiga porsi dalam sehari bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan perkembangan tumor.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak