Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Menstruasi

Agustus 19, 2019

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Menstruasi

          Saat kamu mengalami menstruasi biasanya kamu akan terasa lemas dan tak bertenaga. Untuk mengatasinya, kamu butuh tambahan makanan yang bermanfaat mengembalikan energi dan meredakan rasa kram saat menstruasi. Berikut ini adalah bahan-bahan makanan yang dapat kamu olah untuk melancarkan hari-hari saat menstruasi.

  • Telur
          Kuning telur mengandung banyak zat besi, vitamin yang larut dalam lemak, asam lemak esensial dan protein yang secara keseluruhan bermanfaat untuk dikonsumsi selama periode menstruasi. Kamu dapat makan telur setiap hari untuk meredakan gejala haid. Namun, hindari memakan telur rebus karena dapat menyebabkan kembung dan mulas bagi yang perutnya sensitif.

  • Ikan salmon
          Salmon membantu meredakan kram saat menstruasi karena kandungan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua sifat ini dapat membantu merilekskan rahim dan mengurangi rasa sakit kram. Selain itu salmon kaya akan protein berkualitas tinggi dan vitamin B yang membuat kamu mendapatkan lebih banyak energi.

  • Jeruk lemon
          Semua jenis jeruk, termasuk jeruk lemon dan limau, membantu mengurangi perubahan suasana hati dan kembung. Jeruk kaya serat dan vitamin, mengandung banyak air, dan membuat nutrisi akan menyerap ke dalam aliran darah dengan sangat cepat. Jika kamu merasa lelah atau mual selama menstruasi, segelas air lemon akan dengan cepat meringankan gejala dan membantu kamu merasa lebih segar dan berenergi. Tetapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi lambung.

  • Brokoli
          Saat menstruasi, seringkali kamu merasa lemas karena kekurangan darah. Zat besi dalam brokoli juga akan membantu mengembalikan sebagian zat besi dalam tubuh yang hilang karena menstruasi. Brokoli juga kaya serat yang dapat mengurangi kembung serta pergerakan usus yang tidak teratur. Kandungan magnesium dan kalium dalam brokoli juga meredakan semua gejala menstruasi yang mengganggu. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara merebus, memanggang, menumis, atau sekadar dijadikan jus. Namun jangan menambahkan terlalu banyak garam karena dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh.

  • Pisang
          Jika kamu mengalami diare yang disebabkan oleh menstruasi, pisang dapat menjadi jawabannya. Sejumlah besar kandungan magnesium, potasium, dan serat dalam pisang dapat membantu pergerakan usus dan juga akan berdampak pada suasana hati kamu. Magnesium juga dikenal sebagai pelemas otot yang membantu meringankan rasa sakit kram.

  • Chamomile
          Teh chamomile tidak hanya menenangkan saraf, tetapi juga rahim kamu. Teh chamomile akan membantu mengurangi rasa sakit kram dan menenangkan sehingga kamu dapat tidur lebih mudah.

  • Semangka, ara, dan prem
          Gula alami yang ditemukan dalam makanan ini akan dengan mudah mengembalikan energi kamu selama menstruasi. Buah-buahan ini juga kaya akan vitamin yang membantu mengatasi kembung. Semangka juga menjaga tubuh tetap terhidrasi dan akan meningkatkan mood serta mengurangi rasa kram.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak