Lebih Cocok Pakai Sunscreen atau Sunblock? Ketahui Dulu Perbedaannya!

Juli 04, 2019

Lebih Cocok Pakai Sunscreen atau Sunblock? Ketahui Dulu Perbedaannya!

          “Matahari sekarang semakin jahat sama kulit!” Ungkapan ini mungkin sering kamu dengar atau bahkan kamu juga merasakannya sendiri. Agar kulitmu tidak terbakar matahari, tentunya kamu butuh perlindungan ekstra yaitu dengan memakai sunscreen atau sunblock.

          Sunscreen terbuat dari bahan-bahan kimia, cara kerjanya yaitu menyerap ke dalam kulit kamu dan melawan dampak berbahaya sinar UV dari dalam kulit. Lain halnya dengan sunblock yang terbuat dari bahan mineral, cara kerjanya yaitu melapisi kulit seperti tameng yang membuat pertahanan di atas kulit dan memantulkan sinar UV.

          Keduanya sama-sama bekerja untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun ternyata keduanya juga memiliki banyak perbedaan. Semakin kamu tahu perbedaannya, kamu dapat menentukan mana yang lebih cocok bagi kulitmu antara sunscreen atau sunblock, perhatikan hal-hal ini ya, Ladies!

1. Bahan Kimia vs Mineral

  • Sunscreen adalah produk berbasis bahan kimia. Ada banyak jenis dan nama bahan kimia dalam sunscreen. Sebelum kamu memakai sunscreen, ada baiknya kamu mengetes terlebih dahulu di sebagian kecil kulitmu, untuk mengetahui apakah kamu alergi terhadap salah satu bahan. Ini juga untuk memastikan bahwa sunscreen tersebut aman untuk kamu gunakan setiap hari karena sunscreen akan menyerap ke dalam kulit.
  • Sunblock adalah produk berbahan dasar mineral biasanya terbuat dari zinc oksida atau titanium dioksida. Sunblock dianggap oleh banyak ahli sebagai pilihan yang lebih baik karena sunblock tidak memiliki bahan kimia keras seperti pada sunscreen dan hanya berada pada lapisan luar kulit.

2. Perlindungan

  • Karena sunscreen menyerap ke dalam kulit, inilah mengapa penting untuk memakai sunscreen 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari, sehingga bahan kimia di sunscreen memiliki kesempatan untuk menyerap ke dalam kulit.
  • Sunblock dapat dipakai lebih cepat daripada sunscreen karena tugasnya hanya memantulkan sinar UV. Agar aman, penting untuk selalu menggunakan sunblock sebelum terjemur matahari.

3. Lebih Baik Sebelum Make Up

  • Sunscreen menyerap ke dalam kulit, cenderung lebih mudah untuk dikombinasikan dengan rejimen makeup daripada sunblock. Meskipun beberapa make up mungkin mengandung SPF, ingatlah bahwa kamu memerlukan perlindungan dengan spektrum luas, bukan hanya perlindungan berbasis SPF. Perlindungan matahari spektrum luas akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sedangkan produk-produk SPF hanya akan melindungi kulit dari sinar UVB.
  • Sunblock, yang tidak menyerap ke dalam kulit dapat menimbulkan terjadinya penumpukan antara lapisan sunblock dengan alas make up sehingga wajah terkesan lebih tebal dan seperti mengenakan topeng. Agar hal ini tidak terjadi, pakailah alas make up yang bertekstur ringan.

4. Gunakan Saat Jerawatan

  • Pakailah sunblock jika kamu memiliki jerawat yang parah atau saat wajahmu memerah karena kepanasan. Sunblock berada di atas kulit dan memantulkan sinar matahari, sehingga juga memantulkan panas agar tidak menyerap.
  • Sunscreen berbahan dasar kimia menyerap ke dalam kulit dan memperbaiki kulit dari sinar UV saat menembus kulit. Pada saat itu, sunscreen dapat mengubah sinar UV itu menjadi panas, yang dapat menyebabkan kemerahan di pipi dan kulit kamu.

produk rekomendasi : ee cream

Energy Enhancer Cream - SPF 50***




Dan juga Beauty Tips

Cara Terbaik Dapatkan Kulit Flawless Menggunakan Cleansing Brush
Cara Terbaik Dapatkan Kulit Flawless Menggunakan Cleansing Brush

September 23, 2019

Baca lebih banyak

Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

September 23, 2019

Kedelai merupakan adalah salah satu makanan dengan protein yang tinggi dan harganya sangat murah. Seringkali kedelai dijadikan bahan makanan seperti

Baca lebih banyak

Jerawat di Kulit Kepala? Ini Penyebabnya!
Jerawat di Kulit Kepala? Ini Penyebabnya!

September 23, 2019

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga dapat muncul di kulit kepalamu lho! Timbulnya jerawat terjadi ketika pori-pori atau folikel rambut

Baca lebih banyak