Komedo Hitam dan Putih, Bedanya Apa Sih?

Juni 25, 2019

Komedo Hitam dan Putih, Bedanya Apa Sih?

Komedo putih dan komedo hitam seringkali muncul di wajah terutama bagian T -zone. Komedo sebenarnya muncul ketika minyak, sel kulit mati, dan bakteri terperangkap di pori-pori kecil kulitmu. Lalu apakah perbedaan komedo hitam dan putih?

Komedo Hitam
          Komedo hitam terlihat seperti titik-titik hitam yang disebut juga komedo terbuka. Komedo terbuka ini adalah benjolan berwarna kulit yang terbentuk ketika kamu memiliki jerawat. Dalam kasus komedo hitam, komedo ini terdiri dari folikel di bawah kulit dengan bukaan pori-pori yang sangat besar.
Ketika kamu memiliki komedo hitam, pori-pori besar ini menjadi tersumbat dengan zat yang dikenal sebagai sebum. Reaksi kimia dengan sebum terjadi di bawah kulit kemudian melanin teroksidasi dan mengubah pori-pori yang tersumbat menjadi warna hitam. Bentuk komedo ini juga sering ditemukan di punggung, bahu, dan wajah.

Komedo Putih
          Komedo putih dikenal sebagai komedo tertutup. Folikel di bawah kulit wajah dipenuhi bakteri dan memiliki lubang yang sangat kecil di bagian atas kulit. Namun udara kotor tidak dapat memasuki folikel. Bakteri di dalamnya tidak mengalami reaksi kimia, sehingga tetap berwarna putih. Komedo jenis ini juga ditemukan di punggung, bahu, dan wajah.

Bisakah Komedo dan Komedo Dihiasi dengan Cara yang Sama?

          Komedo putih dan komedo hitam adalah bentuk jerawat ringan. Kedua jenis jerawat ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, sehingga keduanya dapat diperlakukan dengan cara yang sama.
Komedo dapat diobati secara efektif dengan produk yang mencapai langsung ke pori-pori, seperti strip komedo atau dengan melakukan eksfoliasi.
Kuncinya yaitu menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Kamu harus rajin mencuci wajah setiap hari, dan jangan pernah tidur atau berolahraga dengan memakai make up. Jika kamu cenderung banyak berkeringat, bilas wajah dengan air dingin setelah berkeringat, tetapi jangan pernah membersihkan lebih dari dua kali sehari. Gunakan eksfoliator yang lembut sehingga dapat membantu menghilangkan minyak yang menumpuk di kulit dan membersihkan sel kulit mati.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak