Ketumbar, Si Bumbu Dapur yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

September 18, 2019

Ketumbar, Si Bumbu Dapur yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

          Bernama ilmiah Coriandrum sativum L., ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun dan buah ketumbar juga memiliki aroma yang nikmat dan menambah masakan menjadi lebih enak. Ketumbar sendiri memiliki kandungan serat, magnesium, mangan, protein, dan zat besi yang baik bagi tubuh. Selain itu ketumbar mengandung 11 komponen minyak esensial dan 6 jenis asam, termasuk asam askorbat atau vitamin C. Manfaat lainnya dari mengonsumsi ketumbar bagi kesehatan tubuh yaitu :

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol
          Asam yang terdapat dalam ketumbar, seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Ketumbar juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Mengatur Tekanan Darah
          Ketumbar memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Berkurangnya ketegangan pada pembuluh darah mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
          Kalsium dan mineral penting lainnya dalam ketumbar dapat membantu memperkuat daya tahan tulang, serta melindungi terhadap osteoporosis. Menambahkan sedikit ketumbar ke dalam makanan dapat membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat di masa tua.

4. Melancarkan Pencernaan
          Berkat aromanya yang cukup pekat dan kaya akan minyak esensial, ketumbar membantu dalam melancarkan pencernaan dan proses pelumatan makanan di perut.

5. Meredakan Masalah Kulit
          Sifat disinfektan, detoksifikasi, antiseptik, anti jamur, dan antioksidan dalam ketumbar sangat ideal untuk membersihkan permasalahan kulit seperti eksim, kulit kering, dan infeksi jamur.

6. Mengontrol Diabetes
          Ketumbar dapat menimbulkan efek stimulasi pada kelenjar endokrin yang membuat sekresi insulin meningkat dari pankreas kemudian meningkatkan kadar insulin dalam darah. Dampaknya penyerapan gula dalam tubuh meningkat serta menurunkan kadar gula darah yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

7. Mencegah Gangguan Menstruasi
          Kemampuan ketumbar sebagai stimulan alami juga membantu mengatur sekresi yang tepat dari kelenjar endokrin dan membantu mengatur siklus menstruasi yang tepat. Efeknya yaitu mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

8. Anti Alergi
          Minyak ketumbar sering digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Secara internal, dapat menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan berbahaya pada tenggorokan dan kelenjar.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak