Ketahui Bahaya Suntik Filler Berulang

September 27, 2019

Ketahui Bahaya Suntik Filler Berulang

Suntik filler menjadi perawatan yang cukup diminati kalangan wanita karena dapat memperbaiki penampilan dengan menambah volume wajah atau bagian tubuh lainnya tampak alami. Bahkan, bisa mengurangi penuaan yang ada di wajah seperti garis halus, kerutan, dan tanda penuaan lainnya. Tak heran, jika banyak wanita kecanduan filler.

Berdasarkan survei American Academy of Aesthetic Plastic Surgeons 2016 mengungkapkan, hampir dua juta pasien datang ke ahli bedah plastik untuk memasang filler dengan bahan hyaluronic acid (HA) dalam setahun. Ini menunjukkan antiasme konsumen terhadap filler kian meningkat.

Sayangnya, filler memiliki efek samping yang perlu kamu waspadai. Filler akan menimbulkan komplikasi, seperti infeksi akut, perubahan warna kulit, dan granuloma. Infeksi muncul di daerah lokasi injeksi yang menimbulkan peradangan. Konsultasikan ini ke tempat kamu memasang filler jika kondisi ini terjadi. Biasanya, kamu akan diterapi menggunakan antibiotik topikal berupa salep untuk mengatasi infeksi sekitar kulit. Pada pasien riwayat infeksi virus herpes simpleks melakukan tindakan filler berisiko terjadinya reaktivasi virus sehingga dapat terinfeksi kembali.

Granuloma merupakan suatu tonjolan yang muncul akibat peradangan dan terjadi di lokasi injeksi. Kejadiannya sangat jarang, tapi sering terjadi dalam waktu cukup lambat. Pasien dengan komplikasi granuloma biasanya memiliki riwayat virus atau trauma wajah sebelumnya.

Jika kamu melakukan filler secara berulang, justru bisa mempercepat proses penuaan karena dapat meregangkan jaringan di bawah kulit. Saat masih muda, jaringan yang meregang masih dapat kembali seperti sebelumnya. Seiring bertambahnya usia, jaringan kehilangan elastisitasinya dan tidak dapat kembali seperti semula.

Filler yang diinjeksikan ke bagian tubuh lama-kelamaan akan hilang, baik karena terserap tubuh maupun dilarutkan oleh dokter. Kondisi ini meninggalkan rongga yang membutuhkan filler lebih banyak untuk mempertahankan bentuknya. Jika kamu memfiller area bibir maka penampilannya akan tampak turun, berkerut, dan berubah. Hal serupa juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya yang diinjeksi filler. Baiknya, kamu kenali keuntungan dan efek samping sebelum melakukan tindakan filler apalagi jika sampai kecanduan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak