Kenali Tanda Kulit Alami Over Eksfoliasi - ALLYOUNG INTERNATIONAL
Kenali Tanda Kulit Alami Over Eksfoliasi

Kenali Tanda Kulit Alami Over Eksfoliasi

Januari 14, 2019

Wanita kerap melakukan berbagai cara untuk menjadi cantik. Salah satunya dengan cara eksfoliasi wajah untuk mendapatkan hasil glowing ala orang Korea. Namun, tahukah kamu kalau terlalu sering eksfoliasi (over eksfoliasi) justru membuat wajahmu akan bermasalah. Kenali tanda-tandanya bila wajahmu sudah termasuk over eksfoliasi:

  • 1. Kulit terasa sakit
  • Terkena produk skincare apapun, kulit wajahmu akan terasa sakit. Itu dikarenakan lapisan pelindung luar kulitmu mulai terkikis dan menjadi mulai sensitif dengan produk skincare apapun.

    2. Kering, berminyak, dan aneh

    Kondisi kulitmu akan terasa kering dan aneh dari biasanya ketika disentuh. Tak hanya kering, kulitmu juga bisa menjadi lebih berminyak dari biasanya. Jika kulitmu menjadi berminyak, sebaiknya hindari menggunakan masker penyerap minyak atau blotting pappers. Sebab, minyak yang diproduksi kulit itu untuk membentuk lapisan kulit baru yang melindungi wajahmu. Bila sudah merasakan keanehan pada kulitmu, lebih baik jangan dieksfoliasi.

    3. Kemerahan

    Gatal dan kulit terasa terbakar dan berwarna kemerahan itu adalah tanda jelas bahwa kamu sudah over eskfoliasi. Wajah kemerahan karena reaksi tubuh yang mengirim sel darah untuk memperbaiki daerah yang iritasi. Belum lagi kalau kena sinar matahari, kulitmu akan jadi gatal tak tertahankan.

    4. Mengalami breakout

    Ketika pelindung kulit hilang, bakteri akan mudah masuk ke lapisan kulit wajah. Wajahmu akan mengalami breakout atau jerawat kecil. Bila sudah seminggu diberikan obat tapi tidak membaik, bisa jadi kulit wajahmu mengalami over eksfoliasi. Kulit bisa meradang kalau terus dibersihkan.

    Bila kulit wajah sudah mengalami over eksfoliasi, maka kamu harus menghentikannya dengan cara berikut ini:

    • Berhenti melakukan eksfoliasi sampai kulit kembali seperti semula
    • Rajin menggunakan sunscreen karena lapisan kulit yang rusak akan semakin parah jika terkena paparan sinar matahari.
    • Perbaiki lapisan kulit dengan skincare. Gunakan facial wash, hydrating toner, serum yang mengandung hyluronic acid, dan gunakan moistirizer untuk mengembalikan kelembaban kulit. Serta, hindari penggunaan skincare yang mengandung alkohol.



    Dan juga Beauty Tips

    Penyebab Hilangnya Kelembapan Alami Kulit
    Penyebab Hilangnya Kelembapan Alami Kulit

    Maret 13, 2019

    Kehilangan kelembapan alami kulit disebabkan beberapa faktor, salah satunya usia.

    Baca lebih banyak

    Buah-buahan yang Bisa Melembabkan Kulit Kering
    Buah-buahan yang Bisa Melembabkan Kulit Kering

    Maret 13, 2019

    Mengatasi kulit kering tidak hanya bisa dibantuk dengan skincare, tetapi juga rutin mengonsumsi buah-buahan.

    Baca lebih banyak

    10 Makanan yang Baik untuk Kulit Berminyak
    10 Makanan yang Baik untuk Kulit Berminyak

    Maret 12, 2019

    Mengatasi kulit berminyak tidak hanya dengan produk skincare, tetapi harus diiringi dengan pola gaya hidup sehat. Setidaknya, ada 10 makanan yang bisa dikonsumsi untuk kulit berminyak.

    Baca lebih banyak