Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Bikin Kuku Jadi Jelek

Agustus 29, 2019

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Bikin Kuku Jadi Jelek

          Ingin memiliki kuku yang sehat dan cantik? Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan buruk yang membuat kuku jarimu jadi tidak rapi!

  • Menggigit kuku

          Kebiasaan menggigit kuku (onychophagia) karena stres atau cemas membuat kuku lama kelamaan menjadi rusak. Selain itu, menggigit kuku juga tidak sehat karena banyak kuman dan bakteri yang menempel di kuku. Untuk mengatasi kebiasaan ini, kamu bisa mengecat kuku menggunakan kutek. Lakukan manikur yang merawat kuku sehingga menjadi indah dan rapi. Hal ini akan membuat kamu merasa segan menggigit kuku yang tercat kutek dan mulai menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

  • Mengupas cat kuku

          Mengupas cat kutek tanpa menggunakan pembersih cat kuku (aseton) dapat membuat lapisan kuku semakin terkikis. Hal ini membuat kuku menjadi semakin melemah. Stop kebiasaan mengupas cat kuku dan mulai gunakan aseton atau pembersih cat kuku yang lembut.

  • Mengenakan cat kutek selama berminggu-minggu

          Kebiasaan membiarkan cat kutek selama berminggu-minggu akan mengeringkan kuku. Ketika muncul bintik putih di kuku, ini tanda bahwa kuku sudah terlalu kering. Segera hapus cat kutek jika cat sudah mulai terkelupas, atau jika sudah dikenakan selama 2-3 minggu. Melepas cat kutek akan membuat kuku memiliki kesempatan untuk ‘bernapas’

  • Menggunakan kuku sebagai alat

          Mengupas kulit buah, mengorek hidung, mengikis lapisan, seringkali kamu menggunakan kuku sebagai alat bantu yang semakin lama akan merusak kuku. Mulai sekarang gunakan alat untuk menggantikan tugas kuku sehingga kuku tetap terawat dan sehat.

  • Mengelupas kulit di bawah kuku

          Kulit di bawah kuku (kutikula) yang sering dikelupas membuat kuku rentan terhadap infeksi. Kutikula seharusnya dibiarkan saja tanpa dikelupas sedikitpun. Semakin sering kutikula terkelupas, semakin besar luka yang akan dihasilkan. Jika kamu merasa kutikula perlu dibersihkan, cobalah untuk tidak menggunakan gunting, tangan atau gigi untuk membersihkannya. Gunakan obat yang menghilangkan sel kulit mati tanpa merusak kuku.

  • Mencuci tanpa sarung tangan

          Kebiasaan mencuci menggunakan detergen dan sabun cuci piring membuat tangan dan kuku menjadi semakin kering. Kuku juga dapat terkelupas dan menjadi melemah. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan sabun/detergen yang lebih lembut atau menggunakan sarung tangan plastik agar kuku tidak bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

  • Jarang menggunakan pelembab

          Menggunakan pelembab akan mencegah tangan dari kekeringan, kulit pecah-pecah, termasuk melembabkan kuku jari. Aplikasikan krim tangan secara berkala untuk tetap menjaga tangan dan kuku tetap terhidrasi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak