Kandungan Skincare yang Penggunaannya Tidak Bisa Digabungkan

Maret 22, 2019

Kandungan Skincare yang Penggunaannya Tidak Bisa Digabungkan

Skincare terbuat dari beragam jenis kandungan atau formula yang penggunaannya tidak bisa digabungkan bersamaan. Kandungan ini dianggap berbahaya jika dipakai secara bersamaan.

Vitamin C dan AHA

Senyawa AHA bekerja untuk mengeksoliasi kulit, tapi jika dipakai bersamaan dengan vitamin C maka pH pada vitamin justru akan berubah dan khasiatnya tidak optimal.

Benzoyl Peroxide dan BHA

BHA juga berfungsi untuk mengeksoliasi kulit. Jika digunakan bersamaan dengan benzoyl peroxide dapat memicu jerawat makin aktif dan membuatnya iritasi.

Retinol dan salicylic acid

Retinol adalah turunan vitamin A yang ampuh merangsang meregenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahan ini juga anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Salicyclic acid juga memiliki fungsi yang sama serta ampuh mengatasi jerawat. Namun, tidak akan merasakan manfaat ganda jika dipakai bersamaan. Justru, kulit akan kekeringan, iritasi hingga radang, dan memicu kerutan.

Retinol dan benzoyl peroxide

Kedua kandungan ini memang ampuh mengatasi jerawat, tapi jika digabungkan bersama maka akan berisiko menimbulkan iritasi, kering, hingga menimbulkan kerutan.

Retinol, AHA, dan BHA

Ketiga bahan ini memang dikenal sebagai kandungan yang ampuh mengatasi jerawat, noda hitam, dan penuaan dini. Namun, kamu tidak boleh menggunakannya secara bersamaan karena kulit akan mengalami iritasi akibat over exfoliated atau pengelupasan berlebihan. Disarankan, menggunakan secara bergantian misalnya produk AHA/BHA di pagi hari dan retinol di malam hari.

Vitamin B3 dan AHA

Vitamin B3 yang juga dikenal dengan niacinamide yang membantu memperbaiki struktur kulit. Vitamin B3 akan bekerja dengan baik pada pH netral. Namun, jika digabungkan dengan AHA maka menyebabkan iritasi kulit.

Retin A dan scrub exfoliants

Retin A sering digunakan untuk produk anti-aging karena ampu meregenerasi sel kulit secara cepat tapi juga membuat kulit lebih kering dan mudah mengelupas. Apalagi, jika menggunakannya dengan scrub exfoliants maka kulit makin mengelupas berlebihan hingga iritasi.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Toner, Si Penyeimbang pH yang Paling Penting untuk Kulit!
Toner, Si Penyeimbang pH yang Paling Penting untuk Kulit!

Juli 16, 2019

Kebanyakan orang menyepelekan pemakaian toner dan langsung memakai serum atau moisturizer setelah mencuci muka.

Baca lebih banyak

Kulit Sehat dan Cantik dari Manfaat Vitamin C
Kulit Sehat dan Cantik dari Manfaat Vitamin C

Juli 16, 2019

Ladies, apakah kamu merasa kulitmu lebih kusam, kering dan muncul tanda-tanda penuaan?

Baca lebih banyak

Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!
Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!

Juli 16, 2019

Banyak metode diet yang menyarankan untuk mengganti makanan biasa dengan makanan kaya serat.

Baca lebih banyak