8 Bahan Skincare yang Jadi Penyebab Jerawatan Parah

Desember 11, 2019

8 Bahan Skincare yang Jadi Penyebab Jerawatan Parah

Pernahkah kamu bertanya apa yang menyebabkan timbulnya jerawat? Jerawat timbul karena berbagai alasan, mulai dari hormon, lifestyle yang tidak bagus, faktor pola makanan, dan tingkat stres. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa alasan timbulnya jerawat adalah karena bahan-bahan dalam produk kecantikan yang kamu oleskan di wajahmu.

Ada beberapa kandungan yang perlu dihindari kulit rentan berjerawat agar tidak memicu timbulnya peradangan pada kulit. Beberapa bahan kosmetik maupun skin care sangat komedogenik, yang berarti mereka cenderung menyumbat dan memblokir pori-pori yang akhirnya membentuk komedo dan membuat jerawat semakin meradang. Pencegahan sejak dini tentunya lebih baik daripada mengobati. Caranya yaitu dengan mengetahui bahan apa yang harus kamu hindari untuk mencegah jerawat.

1. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah bahan yang membuat produk memiliki busa. SLS biasanya digunakan pada produk sampo, pasta gigi, dan pembersih wajah. Bahan SLS sering dikaitkan sebagai penyebab iritasi kulit karena menghilangkan minyak alami kulit. Orang dengan kulit berjerawat dapat memicu timbulnya lebih banyak jerawat bahkan hanya karena sedikit iritasi. SLS bahkan digunakan sebagai bahan pembanding di uji laboratorium. Jika peneliti ingin menguji apakah bahan tertentu menyebabkan masalah pada kulit, mereka membandingkan hasilnya dengan SLS.

2. Alkohol

Alkohol dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga menjadi kering dan iritasi. Banyak yang berpikir bahwa produk berbasis alkohol efektif untuk mengendalikan kulit berminyak tetapi sebenarnya memperbesar pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika kamu memiliki kulit sensitif, disarankan untuk tidak menggunakan produk dengan alkohol karena dapat mengiritasi kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya hindari bahan alkohol juga karena akan membuat kulit kamu semakin kering.

3. Parfum (Fragrance)

Banyak produk skin care maupun make up mengandung parfum untuk menutupi bau tidak sedap dari beberapa bahan. Sayangnya, wewangian ini dapat mengiritasi kulit sensitif. Jika kamu memiliki kulit kering, menggunakan produk dengan wewangian dapat menyebabkan kulit berjerawat dan gatal. Solusinya yaitu kamu sebaiknya memilih produk tanpa label fragrance. Jika kamu lebih memilih bahan skin care yang wangi namun tidak mengiritasi kulit seperti aloe vera, mentimun, mangga, melon, cocoa butter, shea butter, dan vanila.

4. Isopropyl Myristate

Bahan Isopropyl Myristate membantu menciptakan efek melembutkan dan menyejukkan pada kulit. Namun, Isopropyl Myristate sangat komedogenik dan cenderung menyebabkan jerawat. Penggunaan Isopropyl Myristate secara berulang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan iritasi kulit. Banyak yang suka menggunakan produk dengan bahan Isopropyl Myristate karena menghasilkan kulit selembut sutera, tetapi tentunya terdapat konsekuensi jika digunakan dalam jangka panjang.

5. Minyak Kelapa

 

 

Banyak orang menggunakan minyak kelapa sebagai pembersih make up. Minyak kelapa juga dikenal sebagai produk yang membuat rambut kamu berkilau dan halus. Namun, minyak kelapa sangat komedogenik. Jika kamu memiliki kulit berminyak, cara terbaik adalah menghindari minyak kelapa karena akan menghasilkan sebum berlebih. Jika kulit kamu kering hingga normal, tidak masalah untuk menggunakan minyak kelapa karena pori-pori kamu tidak mudah tersumbat.

6. Silikon

Silikon sering ditemukan dalam produk seperti primer, tabir surya dan banyak lagi. Banyak orang berpikir bahwa silikon membantu menciptakan tekstur lembut seperti sutra pada kulit, tetapi sebenarnya mengiritasi wajah. Produk yang mengandung silikon dapat menyumbat pori-pori wajah seiring waktu dan menyebabkan jerawat. Beberapa contoh silikon dalam produk adalah dimethicone (minyak silikon), cetearyl methicone (silikon yang tidak larut dalam air) dan cyclomethicone (minyak silikon sintetis). Agar tidak berjerawat, sebaiknya kamu benar-benar menghindari menggunakan produk mengandung silikon dan menggunakan produk pembersih wajah yang bebas bahan kimia.

 

 

 

 

7. Lanolin

 

Lanolin adalah ekstrak minyak dari bulu domba. Lanolin berfungsi sebagai pelembab untuk kulit dan menciptakan efek halus pada wajah. Kelemahan dari Lanolin terutama yang sintetis yaitu dapat dengan mudah menyumbat pori-pori dan bagi orang-orang yang rentan terhadap jerawat, dapat menyebabkan break out serta iritasi. Oleh karena itu, jika kamu mau memakai Lanolin, disarankan untuk menemukan minyak Lanolin murni 100% sebagai pilihan yang lebih aman.

8. Minyak Mineral

Minyak mineral juga bersifat komedogenik. Meskipun dapat mencegah hilangnya kelembapan kulit, namun minyak mineral tidak berarti menghidrasi kulit. Seiring pemakaian minyak mineral, kulit akan tertutup lapisan dan kondisi kulit menjadi memburuk, menyebabkan jerawat dan bahkan penuaan. Selalu waspada dalam membaca label produk, carilah yang tidak mengandung paraben, minyak mineral, bahan pengawet buatan, pewarna buatan, dan pewangi buatan. Langkah pertama untuk menghilangkan jerawat adalah mencegah timbulnya jerawat. Sekarang setelah kamu mengetahui daftar bahan yang harus dihindari, kamu dapat segera memeriksa kandungan bahan skin care atau make up kamu. Mulai tinggalkan bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulitmu, dan carilah alternatif lainnya agar kulitmu tetap sehat dan bersih dari jerawat. Jangan lupa untuk memberikan informasi ini untuk keluarga dan teman-teman terdekatmu ya!

 

Produk rekomendasi :

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak