Jangan Salah Pemakaian Skin Care dengan Vitamin A, Bisa Bikin Kanker!

Juli 05, 2019

Jangan Salah Pemakaian Skin Care dengan Vitamin A, Bisa Bikin Kanker!

          Pernah melihat nama retinyl palmitate, retinol, retinyl acetate, retinyl linoleate atau asam retinoat pada label skin care? Yup, nama-nama ini termasuk dalam golongan Vitamin A yang sering masuk dalam beragam krim wajah, lotion, tabir surya, dan serum. Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting bagi kulit dan mata. Begitu kita mengonsumsi Vitamin A, tubuh akan mengubahnya menjadi asam retinoat. Asam retinoat dapat meningkatkan produksi kolagen, membuat warna kulit merata, dan menghilangkan kerutan.
Tetapi semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin A sebenarnya bisa sangat berbahaya, terutama bagaimana cara kita menggunakannya.

1. Jangan Terkena Sinar Matahari
          Retinoid terdegradasi di bawah sinar matahari. Jika kamu menggunakan krim kaya vitamin A dalam botol kaca yang terkena sinar matahari, mungkin tidak lagi berfungsi. Karena retinoid menghilangkan lapisan kulit teratas, retinoid meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Jika kamu menggunakan retinoid, kamu harus benar-benar menghindari sinar matahari.

2. Jangan Terlalu Banyak Vitamin A
          Terlalu banyak vitamin A (dari makanan maupun skin care) dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk kerusakan hati, kuku rapuh, dan rambut rontok. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga dapat menyebabkan osteoporosis, patah tulang pinggul pada orang yang lebih tua dan menyebabkan cacat lahir pada janin yang sedang berkembang. Jadi untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya hindari produk dengan Vitamin A.

3. Dapat Meningkatkan Resiko Kanker
          Ketika vitamin A digunakan pada kulit dan terpapar sinar matahari, vitamin A yang masuk malah meningkatkan risiko kulit terbakar matahari, mengakibatkan tumor dan kanker kulit. Hal ini karena di bawah sinar matahari langsung, retinyl palmitate atau asam retinoat akan membentuk radikal bebas yang merusak DNA, karena itu kamu harus menghindari penggunaan SPF yang mengandung retinyl palmitate atau asam retinoat. Jika kamu merasa benar-benar harus menggunakan retinoid untuk masalah kulit, gunakan produk-produk tersebut sebelum tidur ketika kamu tidak terkena paparan sinar matahari.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak