Jangan Makan Ini Saat Menstruasi!

Juli 15, 2019

Jangan Makan Ini Saat Menstruasi!

          Merasakan kram perut dan terlalu banyak gas di perut saat menstruasi hanya akan membuat harimu semakin kacau. Pemicu perut kram atau perut kembung ternyata bisa merupakan akibat makanan yang kamu konsumsi lho, Ladies! Supaya hari-hari menstruasi kamu tetap lancar tanpa sakit, ada beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat menstruasi. Yuk simak!

  • Makanan tinggi lemak
          Makanan berlemak memengaruhi hormon, menyebabkan kram, dan bisa memproduksi terlalu banyak gas di perut kamu. Mengingat fakta bahwa kulit kamu menjadi sensitif selama menstruasi, memilih makanan yang salah selama menstruasi dapat memperburuk masalah dan membuat kulit menjadi lebih kering dan dehidrasi. Kamu harus mencoba untuk tidak mengonsumsi daging berlemak, burger, dan makanan manis dengan banyak krim selama periode menstruasi. Sebagai gantinya, pilihlah roti gandum, bubur, salmon dan daging tanpa lemak.

  • Makanan yang digoreng
          Makanan yang goreng seperti keripik, beragam camilan, bahkan biskuit mengandung lemak trans atau minyak sayur terhidrogenasi. Semua makanan ini dapat meningkatkan kadar estrogen dan dapat memperburuk perubahan suasana hati kamu. Sebagai gantinya, pilih camilan yang dipanggang, sayuran renyah seperti wortel atau mentimun.

  • Makanan dengan kandungan garam 
          Sup kalengan, camilan keripik dan teman-temannya harus kamu hindari karena mengandung banyak garam. Hormon yang ada pada saat menstruasi sudah secara otomatis melakukan penyimpanan air dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam akan menyebabkan kembung dan tubuh akan memproduksi banyak gas. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah kadar garam seperti yoghurt atau salad.

  • Minuman berkafein
          Kurangi minum kopi! Kopi akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung yang membuat kamu menjadi lebih tegang dan cemas sehingga memperburuk gejala menstruasi. Minumlah teh hijau, jus tomat, dan jus wortel sebagai gantinya.

  • Minuman beralkohol
          Meskipun alkohol dapat mengurangi kram sementara, ada terlalu banyak efek negatif yang akan terjadi. Alkohol dapat menyebabkan menstruasi kamu menjadi tidak teratur dan juga meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, memperburuk gejala menstruasi. Sifat diuretiknya alkohol mendorong tingkat penyimpanan air di tubuh sehingga membuat kamu tampak lebih kembung. Minumlah air mineral ataupun air kelapa yang akan membuatmu terhidrasi dengan cukup.

  • Makanan olahan
          Makanan beku, makanan cepat saji, acar, makanan kalengan dan lainnya mengandung bahan pengawet dan bukan makanan yang direkomendasikan selama kamu mengalami menstruasi. Makanan olahan ini dapat mengganggu hormon dan meningkatkan ketidaknyamanan selama menstruasi. Selama menstruasi perbanyaklah makan buah dan sayuran.

  • Produk susu
          Produk susu seperti susu sapi, krim, dan keju tidak direkomendasikan. Produk susu tinggi akan asam arakidonat yang dapat memicu perut kram saat menstruasi.
          Sebagai gantinya, pilih susu mentega dan susu kental dimana keduanya direkomendasikan sebagai makanan saat menstruasi.




Dan juga Beauty Tips

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat

Agustus 20, 2019

Jerawat sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Baca lebih banyak

Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari
Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari

Agustus 20, 2019

Rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari itu berbeda. Sebab, penggunaan skincare itu harus sesuai yang dibutuhkan kulit.

Baca lebih banyak

Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya
Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya

Agustus 19, 2019

Bintang baru di dunia skincare, Polyglutamic acid. Kandungan skincare ini jauh lebih ampuh dibanding klan acid lainnya.

Baca lebih banyak