Ini Lho 6 Kesalahan Paling Umum yang Kamu Lakukan Saat Keramas

Oktober 08, 2019

Ini Lho 6 Kesalahan Paling Umum yang Kamu Lakukan Saat Keramas

          Melakukan rutinitas keramas 2 hari sekali merupakan hal yang mudah. Kamu tinggal keramas menggunakan sampo dan kondisioner. Meskipun sederhana, ternyata kamu bisa saja melakukan kesalahan yang paling umum dilakukan saat sedang keramas. Jika dibiarkan, kesalahan-kesalahan umum ini dapat menimbulkan efek seperti rambut bercabang, kusut bahkan rontok! Untuk menghindarinya, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan saat keramas seperti :

1. Memakai Sampo Tidak Sesuai Jenis Rambut
          Sebelum keramas, kamu harus memastikan bahwa sampo yang kamu pakai sesuai dengan jenis kulit rambutmu. Sampo dan kondisioner memiliki manfaat yang berbeda sehingga kamu perlu menyesuaikannya juga. Memakai sampo yang tepat akan memberikan rambut nutrisi yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya gunakan sampo anti ketombe jika kamu memiliki ketombe, atau jangan memakai sampo yang melembabkan jika kulit kepala berminyak.

2. Keramas dengan Air yang Terlalu Panas
          Keramas di bawah pancuran air yang panas memang dapat menenangkan diri sehingga baik untuk menurunkan tingkat stres. Tetapi kebiasaan ini sebenarnya akan merusak rambut cepat atau lambat. Air yang terlalu panas akan mengelupas minyak alami kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kering dan gatal. Agar kamu terhindar dari efek air panas ini, cobalah untuk mengatur suhu air menjadi hangat.

3. Tidak Mengalirkan Air ke Rambut
          Seringkali kita ingin keramas dengan cepat dan mudah dan langsung mengaplikasikan sampo ke rambut yang basah. Kamu seharusnya membilas rambut terlebih dahulu selama setidaknya 30 detik dengan air mengalir sebelum memakai sampo. Kebiasaan ini akan membantu menghilangkan residu seperti kotoran, debu dan polusi yang menempel di rambut sehingga memungkinkan sampo membersihkan rambut lebih dalam. Saat kamu keramas, pastikan kamu memijat kulit kepala untuk mendorong penyerapan dan meningkatkan sirkulasi darah agar kulit kepala tetap sehat dan bebas residu.

4. Menyisir Rambut Saat Keramas
          Kebiasaan ini juga umum terjadi ketika sedang keramas yaitu menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah akan lebih rapuh dan rentan mengalami rontok. Jika kamu menyisir rambut dalam keadaan basah, kamu dapat merusak dan melemahkan rambut karena menarik rambut ke bawah dengan sisir. Tunggulah sampai rambut sudah kering saat kamu menyisir rambut. Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut untuk menghindari rontoknya rambut saat menyisir.

5. Membiarkan Rambut Terlalu Basah Sebelum Memakai Kondisioner
          Setelah keramas, penting untuk membuat rambut tidak terlalu basah. Rambut yang terlalu basah dapat membuat batang rambut tidak dapat menyerap nutrisi dari kondisioner. Jika terburu-buru, cukup peras air dari rambut, tetapi jangan dipelintir karena dapat mematahkan batang rambut dan menyebabkan ujung rambut bercabang.

6. Menggunakan Kondisioner di Kulit Kepala
          Salah satu kesalahan saat keramas yang paling umum adalah mengoleskan kondisioner rambut pada kulit kepala. Kondisioner akan menutrisi dan melembabkan rambut sehingga mengoleskannya ke kulit kepala akan membuat rambut lebih cepat berminyak. Kulit kepala sudah memiliki minyak alami sehingga tidak diperlukan lagi tambahan kondisioner. Justru kondisioner akan bermanfaat bagi bagian tengah dan ujung rambut karena bagian ini jauh dari akan sehingga membutuhkan nutrisi tambahan. Pastikan kamu membiarkan kondisioner meresap ke dalam rambut setidaknya selama dua menit. Selanjutnya bilas rambut dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut, yang akan membantu rambut mempertahankan kelembaban dan tampak lebih halus.




Dan juga Beauty Tips

5 Metode Gratis dan Simple untuk Dapatkan Kulit Glowing
5 Metode Gratis dan Simple untuk Dapatkan Kulit Glowing

November 12, 2019

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kulit glowing dengan cara yang simple dan gratis? Wanita selalu mencari cara untuk memperbaiki kulit secara alami tanpa

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Jarang Keramas
5 Efek Buruk Jarang Keramas

November 12, 2019

Jarang keramas rupanya bisa menyebabkan masalah untuk rambut, kulit kepala, dan kepalamu loh. Jadi, penting banget mengatur waktunya.

Baca lebih banyak

5 Alasan Mengapa Minyak Biji Anggur Bagus untuk Kulit
5 Alasan Mengapa Minyak Biji Anggur Bagus untuk Kulit

November 12, 2019

Begitu banyak minyak beredar di pasaran sebagai pemecah masalah kulit. Katakan  saja minyak tea tree, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak mawar dan

Baca lebih banyak