Hati-hati! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Akibat Melakukan Diet Ekstrem!

Oktober 24, 2019

Hati-hati! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Akibat Melakukan Diet Ekstrem!

          Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan badan hingga menjadi ideal. Diet dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan mengatur intensitas olahraga secara teratur. Walaupun diet itu baik, seringkali diet dilakukan dengan cara yang ekstrem untuk mempercepat hasil dari diet itu sendiri. Padahal diet secara ekstrem dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh. Kemudian apa saja yang terjadi pada tubuh akibat melakukan diet ekstrem? Mari kita bahas satu persatu!

  • Kekurangan Nutrisi

          Diet yang ekstrem berarti mengurangi asupan kalori secara ekstrem juga. Menghilangkan kalori berarti juga menghilangkan asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak dapat menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E dan K. Kekurangan vitamin dapat mengakibatkan tubuh rentan terhadap radikal bebas, mengurangi pertumbuhan sel, menyebabkan sistem kekebalan tubuh berkurang, serta menurunnya kemampuan kognitif dan kesehatan tulang. Kekurangan nutrisi juga menyebabkan kadar fosfor, magnesium, dan kalium sehingga berpotensi menyebabkan gagal jantung.

  • Gula Darah Tidak Stabil

          Diet yang ekstrem menyebabkan asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan kadar gula darah juga tidak stabil. Kadar gula darah yang tidak stabil akan berkontribusi kepada tubuh yang menahan insulin dan berpotensi menyebabkan penyakit diabetes tipe 2.

  • Metabolisme Menjadi Lambat

          Berkurangnya asupan kalori dalam tubuh membuat tubuh menjadi lelah dalam beraktivitas. Hal ini mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi turun dan malah berhenti menurunkan berat badan. Karena itu tetap dibutuhkan kalori sebagai tenaga yang dapat membuat kita beraktivitas dan membakar lemak berlebih.

  • Merusak Otot Badan

          Penelitian menunjukkan bahwa ketika menurunkan berat badan secara ekstrem, tubuh akan kehilangan otot sekitar tiga kali lebih banyak daripada yang dilakukan jika diet secara normal. Jadi meskipun kamu menurunkan berat badan, penampilan tubuh mungkin tidak terlihat baik karena massa otot berkurang dan mengendur.

  • Stres dan Depresi

          Diet secara ekstrem juga mengakibatkan gangguan jangka panjang pada memori visual-spasial dan penurunan pertumbuhan otak. Diet ekstrem juga menyebabkan hormon stres kortikosteron semakin banyak sehingga membuat otak lebih rentan terhadap stres. Hal ini akan meningkatkan risiko depresi dan membuat kamu lebih rentan terhadap perilaku makan berlebihan di masa depan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak