Hati-hati Efek Samping Microneedling Bagi Kulit Wajah

Agustus 26, 2019

Hati-hati Efek Samping Microneedling Bagi Kulit Wajah

          Bagi kamu yang hobi melakukan perawatan kecantikan, pasti sudah tidak asing dengan istilah microneedling. Yup! Perawatan kecantikan yang “melukai kulit” menggunakan jarum-jarum berukuran mikro ini bertujuan untuk merangsang munculnya kolagen baru sehingga dapat mengurangi bekas jerawat dan stretch mark.

          Hampir semua perawatan kulit yang menggunakan alat memiliki risiko dan efek samping. Terkadang pula efek samping bukan hanya disebabkan oleh alat, tetapi juga karena prosedur yang kurang profesional. Meskipun jarang terjadi, ada beberapa efek samping dari microneedling yang perlu kamu waspadai.

Efek samping yang umum namun tidak berbahaya:

  • Kulit memerah
          Pasca microneedling, kulit menjadi merah karena kulit masih “terluka” dan memerlukan waktu beberapa jam agar kemerahan ini menghilang. Jika kamu menggunakan microneedling secara agresif atau menggunakan jarum yang lebih panjang daripada yang seharusnya, kemerahan ini mungkin dapat bertahan hingga beberapa hari.

  • Kulit menjadi kering dan meradang
          Sama seperti kulit yang memerah, kulit kamu juga akan menjadi lebih kering apabila menggunakan microneedling terlalu agresif dan jarum yang lebih panjang. Namun efek samping ini tidak bertahan lama karena kulit akan memperbaharui dirinya.

  • Kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari
          Efek samping ini juga umum terjadi. Kamu harus menghindari paparan sinar matahari langsung selama beberapa hari. Kamu memang tidak diperbolehkan memakai skin care setelah microneedling, namun kamu bisa tetap menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Efek samping microneedling yang kurang umum akibat penyalahgunaan alat atau kulit yang sensitif:

  • Nyeri saat menggunakan rol microneedling
          Seberapa menyakitkan rasanya pada kulit tergantung pada seberapa kamu memberikan tekanan, panjang jarum, sensitivitas kulit dan seberapa kamu bisa menahan rasa sakit. Jika kamu merasakan sakit, kamu bisa menggunakan krim mati rasa di area yang dirawat.

  • Iritasi kulit
          Efek samping ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki kulit hipersensitif. Iritasi kulit juga bisa terjadi karena menggunakan produk yang tidak tepat pasca microneedling. Konsultasikan dengan dokter apabila kamu mengalaminya.

  • Pendarahan dan kulit tergores
          Pendarahan sementara dan kulit yang tergores dapat terjadi saat kamu menggunakan perangkat secara agresif dengan jarum yang lebih panjang. Kamu tidak perlu khawatir, cukup bersihkan bercak darah jika ada. Untuk mencegah pendarahan lebih lanjut, jangan terlalu menekan kulit menggunakan microneedling.

  • Jerawat / bintik-bintik
          Penggunaan microneedling pada jerawat yang besar sangat dilarang karena menyebarkan bakteri di seluruh wajah, membuat jerawat lebih parah.

  • Efek samping karena alat
          Jika kamu menggunakan rol microneedling berkualitas rendah, ini dapat menimbulkan beberapa efek samping. Faktor yang mempengaruhi yaitu kualitas bahan jarum, seberapa steril jarum, apakah ada jarum yang bengkok dan longgar. Pastikan alat microneedling yang kamu pakai memiliki kualitas yang terbaik.

Efek samping serius dari microneedling:

  • Infeksi
          Terjadinya infeksi bisa menjadi karena alat microneedling yang kotor. Hal ini tentunya dapat dicegah dengan memastikan rol microneedling sudah desinfeksi begitu juga dengan area kulit yang dirawat. Jika kamu mengalami infeksi serius, segera hubungi dokter dan tanyakan perawatan lebih lanjut.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak