5 Bahan Skincare yang Sensitif terhadap Sinar Matahari

Oktober 02, 2019

5 Bahan Skincare yang Sensitif terhadap Sinar Matahari

Tidak semua bahan skincare bisa digunakan di bawah teriknya sinar matahari. Ada beberapa bahan skincare yang bisa bikin kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari.

1. Vitamin C

Skincare yang mengandung lemon atau vitamin C sebagai pencerah kulit memang memiliki antioksidan dan penangkal radikal bebas. Namun, sebaiknya gunakan skincare ini di malam hari. Sebab, vitamin C bersifat acidic dan dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

2. Essential oil

Menggunakan essential oil tidak bisa sembarangan dan langsung ke kulit. Sebab, beberapa jenis essential oil ternyata bersifat photosensitive alias membuat kulit mudah terbakar saat terkena sinar matahari. Beberapa essential oil diantaranya bergamot, peppermint, grapefruit, lemon, bitter orange, dan mandarin leaf.

3. AHA dan BHA

AHA dan BHA umumnya digunakan dalam produk scrub wajah, exfoliating toner, maupun serum. Manfaatnya mencerahkan kulit kusam dengan membantu pengelupasan sel kulit mati dan mengangkat komedo. Namun, kedua bahan ini dapat menyebabkan kulit menjadi rentan mengalami iritasi jika terkena sinar matahari. AHA biasanya ditemukan dalam bentuk lactic acid, glycolic acid, mandelic acid atau salicylic acid.

4. Retinol

Retinol merupakan bahan turunan vitamin A yang sering digunakan dalam produk anti-aging. Retinol efektif merangsang regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menangkal radikal bebas. Dikarenakan bekerja dengan cara mengelupas sel kulit mati, kulit menjadi leih rentan sensitif jika terkena sinar matahari.

5. Benzoyl peroxide

Umumnya, bahan satu ini digunakan untuk produk jerawat karena ampuh membunuh bakteri jerawat dan mengatasi peradangan/ meski begitu, bahan ini juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Setiap orang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda terhadap paparan sinar matahari. Namun, biasanya itu dipengaruhi oleh beberapa hal seperti produk yang mengandung bahan tertentu atau sehingga reaksi sensitifitas meningkat. Ada beberapa bahan skincare yang menyebabkan kulitmu lebih rentan sensitif terharap sinar matahari.

Produk rekomendasi :

SWISSVITA MICRITE 3D ALL USE ANTI-SPOT SERUM

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak