Hati-hati! 8 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Sembelit!

November 27, 2019

Hati-hati! 8 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Sembelit!

          Banyak orang yang mengalami sembelit atau buang air besar yang tidak lancar. Rata-rata orang melakukan buang air besar setiap hari atau dua hari sekali. Namun jika kamu susah buang air besar, tentunya sangat merepotkan karena kamu menimbun “sampah” di dalam perut. Uniknya lagi, meskipun pencernaan kamu lancar karena sudah buang air besar setiap hari, kamu masih bisa mengalami sembelit. Jika kamu termasuk orang yang sering mengalami sembelit, ini bisa disebabkan karena kurang olahraga, kurang minum air hingga terlalu stres. Namun kamu juga bisa sembelit dikarenakan makan makanan berikut ini.

1. Daging Merah
          Daging merah seperti daging sapi atau daging kambing perlu kamu waspadai saat kamu sering mengalami sembelit. Ketika kamu banyak makan daging, kamu menggantikan makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat. Semakin tersisihnya sayuran dan buah dari menu makanmu, semakin sulit kamu untuk membuang air besar. Apabila kamu sering mengalami sembelit, sebaiknya kurangi konsumsi daging merah untuk pencernaan yang lebih lancar.

2. Susu
          Minum banyak air dapat membantu mengatasi sembelit, tetapi susu hanya menghambat pencernaan. Susu dapat menyebabkan sembelit pada beberapa orang karena membuat makanan lebih sulit dicerna. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai yang bisa melancarkan pencernaan.

3. Pisang Mentah
          Pisang yang matang mengandung serta tinggi dan melancarkan pencernaan. Sebaliknya, pisang yang mentah akan menyebabkan perut menjadi sembelit atau lebih buruk. Jika kamu menyukai manfaat pisang, pastikan kamu memakan pisang yang matang dan berwarna kuning cerah.

4. Makanan Beku
          Makanan beku seperti nugget atau kentang goreng memang menggoda, apalagi karena sangat praktis dimakan kapan saja. Meskipun ini menghemat waktu, makanan beku tidak membantu pencernaan lebih lancar. Makanan beku memiliki serat yang rendah dan tinggi natrium sehingga lebih sering menyebabkan kurang lancar buang air besar.

5. Keju
          Selain susu, keju juga ternyata membuat pencernaan menjadi tidak lancar juga. Makan keju dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan sembelit. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih memakan keju vegan yang terbuat dari bahan-bahan nabati.

6. Cokelat
          Makanan manis ini juga merupakan salah satu penyebab sembelit. Bagi kamu yang menyukai makan cokelat untuk mengurangi stres, sebaiknya kamu mencari alternatif lainnya.

7. Makanan yang Diproses
          Makanan yang diproses misalnya roti, pasta, atau apapun yang terbuat dari tepung putih. Jenis makanan ini mengandung serat yang sangat sedikit sehingga hanya akan memperparah sembelitmu.

8. Makanan yang Digoreng
          Makanan yang digoreng penuh dengan lemak dan rendah serat. Inilah mengapa makanan yang digoreng sebaiknya dihindari terutama jika kamu sedang diet karena akan memperlambat sistem pencernaan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak