Fakta tentang Komedo yang Perlu Kamu Tahu

Fakta tentang Komedo yang Perlu Kamu Tahu

Januari 31, 2019

Salah satu masalah wajah yang sering dijumpai adalah komedo. Munculnya komedo biasanya disebabkan oleh kotoran yang ada di dalam pori-pori kulit akibat jarang membersihkan muka, terutama setelah menggunakan makeup. Namun, sebenarnya ada dua faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya komedo di wajah, yaitu usia dan perubahan hormon saat pubertas, menstruasi, kehamilan, atau menggunakan pil KB.

Komedo biasanya muncul di bagian hidung, dagu, sekitar bibir, dan telinga. Namun, bisa juga muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan dada. Biasanya itu dikarenakan ada banyak folikel rambut yang terletak di pori-pori daerah tersebut. Ketika pori-pori tersumbat, maka mengubahnya menjadi komedo berwarna hitam atau putih. Namun, ada fakta menarik lainnya yang harus kamu tahu tentang komedo:

1. Komedo tidak selalu hitam

Tak semua komedo berwarna hitam, ada juga warna putih, kuning, hingga coklat. Warnanya yang beragam membuat komedo luput dari perhatian, jadi sering terabaikan. Padahal, jika dibiarkan dapat menyebabkan komedo semakin parah.

2. Komedo sering disebabkan oleh kulit berminyak

Kulit menghasilkan minyak alami yang dikenal dengan sebum. Manfaatnya, untuk menjaga kulit agar tidak kering dan bisa bertahan di berbagai musim. Jika kulit mengalami produksi minyak berlebih maka wajah akan rentan timbul komedo. Apalagi, buat akmu yang jenis kulitnya berminyak. Baiknya lakukan perawatan secara benar dan rutin untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

3. Komedo berubah jadi perawat

Berdasarkan ahli dermatologis, komedo yang tidak segera dihilangkan dapat berkembang menjadi jerawat. Jerawat ini muncul karena pori-pori wajah tersumbat dengan kotoran dan bakteri. Jika, wajah memiliki banyak komedo maka cenderung berjerawat dan sedikit berminyak.

4. Komedo mudah kembali

Komedo bisa dengan mudah kembali meski telah dibersihkan. Itu dikarenakan perawatan dan penanganan yang tidak benar. Untuk menghilangkan komedo, kamu dapat membersihkan wajah dengan produk skincare sesuai jenis kulit dan mengandung antioksidan tinggi agar kotoran terangkat secara menyeluruh. Gunakan juga pelembab untuk mencegah komedo kembali.

Produk rekomendasi: 

SWISSVITA MICRITE 3D ALL USE CLEANSER CREAM SWISSVITA ACNE SOOTHING CLEANSING CREAM SWISSVITA ACNE SOLUTION SKIN BALANCING TONER SWISSVITA ACNE SOLUTION SKIN BALANCING SERUM




Dan juga Beauty Tips

Ini Perbedaan Skincare Gel, Cream, dan Lotion
Ini Perbedaan Skincare Gel, Cream, dan Lotion

Mei 24, 2019

Sebelum kamu memilih produk skincare, sebaiknya kenali dulu jenis yang ingin dibeli. Ada tiga jenis tekstur skincare yang ada di pasaran dan memiliki fungsi berbeda.

Baca lebih banyak

Trik Aplikasikan Krim Mata yang Benar agar Tidak Iritasi
Trik Aplikasikan Krim Mata yang Benar agar Tidak Iritasi

Mei 23, 2019

Ada trik penggunaan eye cream yang benar agar tidak iritasi. Kamu bisa lakukan dengan cara ini yah.

Baca lebih banyak

Ini Bahayanya Jika Kelopak Mata Terkena Skincare
Ini Bahayanya Jika Kelopak Mata Terkena Skincare

Mei 22, 2019

Hindari skincare wajah ke area kelopak mata, karena bahayanya bisa membuat kamu menyesal.

Baca lebih banyak