Exfoliating : Peeling vs Scrubbing, Bedanya Apa?

Juli 03, 2019

Exfoliating : Peeling vs Scrubbing, Bedanya Apa?

          Eksfoliasi adalah perawatan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan permukaan kulit paling luar. Eksfoliasi bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, menghilangkan semua kotoran, minyak berlebih pada pori-pori, mengangkat komedo dan jerawat sehingga kulit tetap bersih. Biasanya eksfoliasi wajah dilakukan sekali seminggu untuk membawa lapisan kulit yang lebih baru.

          Ada dua metode eksfoliasi yaitu scrubbing (menggosok) atau peeling (mengelupas). Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengelupas sel kulit mati, hanya cara kerjanya yang berbeda.

1. Scrubbing (Menggosok)
          Scrubbing biasa juga disebut physical exfoliation merupakan pengelupasan sel kulit mati menggunakan berbagai alat seperti spons, cleansing brush atau scrub yang berbentuk krim dengan manik-manik atau bubuk kristal kelas farmasi. Jenis pengelupasan ini mengangkat sel-sel kulit mati melalui abrasi dengan menggunakan partikel yang lebih keras dari wajah.

          Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah scrub/pembersih berbutir halus. Untuk melakukan scrubbing, kamu tinggal memakai alat langsung ke wajah, atau bila kamu memakai cream scrub, letakkan di telapak tangan dan pijay ke seluruh wajah. Cukup beberapa menit, sel-sel kulit mati akan luruh bersamaan setelah kamu membilas dengan air bersih. Tetapi jika kamu memiliki jerawat yang parah, jangan lakukan eksfoliasi secara berlebihan.

2. Peeling (Mengelupas)
          Peeling atau disebut juga chemical exfoliation paling baik digunakan sebagai alternatif untuk orang dengan kulit berjerawat. Biasanya peeling berbentuk gel atau krim yang dijadikan masker. Masker ini nantinya akan mengeras dan mengering sehingga saat masker dilepas, semua sel-sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, dan rambut wajah yang tidak diinginkan akan terkelupas, terbuang bersama masker yang mengering.
          Jenis peeling ini akan menghidrasi kulit lebih banyak dibandingkan dengan masker biasa. Walaupun mungkin terdengar menakutkan, peeling sebenarnya adalah cara paling aman untuk mengelupas kulit wajah dengan lembut.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak